Editor PicksGoa

Goa Garunggang dan Perbukitan Indah di Kota Hujan Bogor

Berwisata ke kota Bogor rasanya memang serba ada. Wisata alam? Bogor memang tak diragukan. Wisata kuliner? Bogor juga juara. Terletak tak jauh dari ibukota, menjadikan kota yang terkenal dengan asinannya ini sering disambangi warga Jakarta yang ingin liburan tapi tak punya banyak waktu. Satu lagi wisata alam kepunyaan Bogor yang patut kalian datangi. Apakah itu? Temukan jawabannya disini.

Bebatuan khas Goa Agung Garunggang
Bebatuan khas Goa Agung Garunggang

Main ke Goa? Duh, pasti gelap dan menyeramkan. Eitsss~ Tunggu dulu, Goa yang satu ini bukan cuma tentang gelap-gelapan dan becek-becekan, lho! Banyak ‘bonus’ yang bakal disajikan oleh Goa yang satu ini, Goa Agung Garunggang. Yuk simak bareng-bareng!

Kawasan goa yang masih sepi
Mencari tempat berpetualang yang masih sepi, tapi dekat dengan Jakarta? Jangan khawatir, masih ada kok! Pengunjung ke Goa Agung Garunggang memang terbilang tidak banyak. Mungkin ini dikarenakan jalan menuju lokasi yang berada di sebuah desa dengan akses kendaraan yang terbatas, hanya kendaraan roda dua saja dianjurkan untuk mencapai lokasi ini. Jalan menuju desa yang sempit dan berlumut membuat kalian wajib hati-hati, terlebih jika kondisi habis hujan.

Perjalanan menuju 'starting point' Goa Garunggang
Perjalanan menuju ‘starting point’ Goa Garunggang

Searah dengan kawasan Curug Leuwi Hejo
Bagi kalian yang sering main ke Bogor, pasti tak asing lagi dengan nama Curug Leuwi Hejo. Kawasan yang dipenuhi curug-curug cantik ini ternyata dekat dengan Goa Garunggang yang terletak di Desa Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Jadi jika kalian ingin sekalian main ke curug pun bisa banget!

Belum ada retribusi resmi alias masih gratis!
Hal lain yang ada di Goa Agung Garunggang ini adalah kalian tidak akan menemukan loket tiket masuk ataupun sejenisnya. Kalian hanya menyisihkan uang untuk parkir kendaraan sebesar Rp.5000 saja di pemukiman warga. Bapak yang baik hati akan menyambut kalian dan menjamin motor kalian aman, dan helmpun tidak akan hilang karena disimpan di dalam rumah. 😁

Trek menuju Goa Garunggang dikelilingi perkebunan warga
Trek menuju Goa Garunggang dikelilingi perkebunan warga

Trek unyu ala-ala soft-hiking
Pingin latihan hiking? Disinipun bisa lho! Trek menuju Goa Agung Garunggang ini bisa dibilang lumayan bikin dengkul bergoyang. 😂 Tapi jangan dulu mengeluh, karena disini kalian bakalan dapat bonus yang bisa memanjakan mata lho. Percaya deh!

Pemandangan indah di sepanjang trek menuju Goa Garunggang
Pemandangan indah di sepanjang trek menuju Goa Garunggang

Suguhan indah perbukitan cantik
Salah satu hal yang menarik wisatawan goa ini adalah mereka akan dimanjakan dengan eloknya perbukitan khas Sentul, Bogor. Sepanjang perjalanan kalian akan melihat jajaran perkebunan warga, dan sering kali kalian akan menjumpai warga yang sedang berkebun yang akan dengan ramah menyapa kalian. Pemandangan hijau dan langit biru menjadikan perjalanan ke Goa Agung Garunggang menjadi tidak terasa. Dijamin banyak spot foto yang bisa kalian jajal disini.

Banyak celah bebatuan yang bisa diexplore untuk berfoto, lho!
Banyak celah bebatuan yang bisa diexplore untuk berfoto, lho!

Uniknya Karst Goa Agung Garunggang
Ketika kalian sampai, pasti mata kalian langsung tertuju pada gundukan karst atau batu karang yang kokoh dan memukau. Bentuk yang unik dan memiliki beberapa celah yang bisa dijelajahi membuat para wisatawan ingin segera mendekat.

Lubang masuk ke Goa Agung Garunggang
Lubang masuk ke Goa Agung Garunggang

Dimana goanya?
Pasti kalian akan kesulitan menemukan goanya, karena goa ini berbentuk goa vertikal dengan mulut goa yang tidak terlalu mencolok. Berada agak keujung dan dijaga sebuah pohon besar, kalian akan menemukan jalur masuk goa yang mengharuskan kalian menuruni taraje (tangga bambu dalam bahasa Sunda). Dari mulut goa akan terdengar suara aliran air yang berasal dari sungai kecil di dalam goa. Pemandangan stalaktit dan kelelawar akan menambah kekhasan Goa Agung Garunggang ini.

 

Tags

Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *