Trip Perdana Backpacker Jakarta ke Karimun Jawa

Pulau Karimun Jawa menjadi destinasi trip selanjutnya oleh Backpacker Jakarta (BPJ). Ini untuk pertama kalinya tim Backpacker Jakarta mengunjungi pulau cantik di Kota Jepara, Jawa Tengah ini. Jelajah  perdana ke Pulau Karimun Jawa diadakan pada tanggal 11 Agustus 2016 kemarin, dengan dipimpin oleh Bang Tole, Eko dan Sigit, dengan biaya Rp.  775.000,-/orang, dan diikuti sebanyak 51 orang member BPJ.

Hari Kamis, 11 Agustus 2016, pukul 17.00 WIB, kami berangkat dari Sekretariat BPJ di Cawang menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dengan menggunakan bus. Sampai di Pelabuhan Tanjung Emas sekitar pukul 06.00 WIB. Lalu pada pukul 08.00 WIB, kami melanjutkan perjalanan kembali menuju ke Karimun Jawa dengan menggunakan kapal express.

PhotoGrid_1472211853646

Sekitar pukul 13.00 WIB, kami tiba di pelabuhan Karimun dan segera menuju ke homestay untuk berberes dan persiapan. Destinasi pertama kami adalah menuju ke Bukit Love, untuk melihat pemandangan laut Karimun dari atas bukit sambil berfoto-foto di icon tulisan “KARIMUN JAWA”. Selanjutnya kami menuju obyek wisata Batu Joko Tuwo. Trip hari pertama kami akhiri dengan naik pick up bersama menuju ke pantai Tanjung Gelam untuk melihat sunset.

Tanjung Gelam sangat terkenal dengan keindahan spot sunsetnya di Pulau Karimun Jawa. Setelah puas menikmati sunset kami kembali ke homestay untuk mandi dan berberes. Malam harinya kami semua berkumpul di Alun-alun Pulau Karimun Jawa untuk makan malam bersama, dengan sajian berbagai menu ikan laut dan juga oleh-oleh khas Pulau Karimun Jawa.

PhotoGrid_1472523966169

Hari Kedua kami melanjutkan perjalanan berikutnya ke Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini terkenal dengan penangkaran Ikan Hiu nya. Disini kami menguji nyali dengan berenang di kolam yang banyak terdapat hiu, tapi tidak perlu khawatir karena hiu-hiu ini sudah jinak. Setelah puas berfoto dan berenang dengan Ikan Hiu di penangkaran, kami melanjutkan ke spot snorkling pertama di Pulau Tengah.

Air yang jernih, terumbu karang yang beraneka ragam dan berbagai ikan warna-warni,  membuat kami takjub melihat keindahan bawah laut di kawasan wisata Pulau Karimun Jawa. Dari Pulau Tengah kami melanjutkan ke spot snorkling berikutnya yaitu ke Pulau Cilik. Pulau Cilik memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan ombaknya yang tenang.

PhotoGrid_1472554595795

Selain bagus untuk snorkling, tempat ini juga cocok untuk berenang dan berfoto-foto. Setelah lelah sehabis snorkling, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Menjangan Kecil untuk beristirahat dan makan siang sambil menikmati pantai pasir putih di pulau ini.

Setelah merasa puas kami melanjutkan ke spot terakhir snorkling, dimana tempat snorkling kami ini tidak jauh dari Pulau Menjangan Kecil. Setelah puas snorkling kami kembali menuju dermaga untuk melihat sunset, namun karena cuaca yang kurang bersahabat matahari sore tidak nampak karena tersembunyi di balik awan.

PhotoGrid_1472212202243

Keesokan harinya, dimana merupakan hari terakhir kami di Karimun Jawa, sebagian dari peserta cewek, sudah bangun dan menuju ke Museum 3D, dan juga taman Kupu-Kupu dengan naik sepeda motor. Dua tempat ini merupakan destinasi terbaru di Pulau Karimun Jawa yang baru saja dibuka dan belum banyak pengunjung yang tahu.

Setelah puas berfoto dan berbenah akhirnya pukul 11.00 WIB kami meninggalkan Pulau Karimun Jawa dengan menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas untuk pulang kembali ke Jakarta. Pukul 16.00 WIB kami tiba di Semarang dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Sampai di Sekretariat BPJ sekitar pukul 05.00 WIB.

Perjalanan pertama ke Pulau Karimun Jawa bersama Backpacker Jakarta menambah daftar pengalaman trip yang sangat berkesan dan seru bagi kami semua. Berharap perjalanan selanjutnya ke Pulau Karimun Jawa bisa ikut bergabung lagi dengan Backpacker Jakarta.

Berikut Testimoni dari Beberapa Peserta Trip Karimun Jawa

IMG-20160822-WA0103

Nama : Ahmad /BPJ 21

“Dengan budget murah sudah bisa menikmati indahnya Karimun Jawa. Love BPJ,LOVE KARIMUN JAWA….. Awesome

_20160826_083017

Nama : Metta/BPJ 18

“Make you moment in this beautiful place, and I promise I will be back.Semoga keindahan pulau ini tetap terjaga.LOVE KARIMUN JAWA