Pantai

Eksotisme Pantai Bandealit

Taman Nasional Meru Betiri memiliki tempat wisata yang terkenal akan keindahannya baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara,salah satunya adalah Pantai Bandealit sebuah pantai yang masih asri dan masih sepi ini terletak di desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Untuk mencapai tempat ini memang di butuhkan perjuangan ekstra karena jalurnya yang ekstrem,tapi semua akan terbayarkan dengan panorama yang di tawarkan pantai bandealit.

Photo by. agenwisatabromo.com
Photo by. agenwisatabromo.com

Pantai Bandealit tergolong pantai yang masih sepi dan asri. Bandealit merupakan teluk dengan pantai yang landai sepanjang 3km. Disini kita bisa menyusuri pantai dengan menggunakan kano yang sudah di sediakan oleh pihak wisata. Ombak yang teratur dan tidak terlalu besar membuat pantai ini sering di jadikan tempat untuk surfing. Pantai ini memiliki panorama yang indah untuk di kunjungi. hamparan pasir putihnya dan hamparan mangrove semakin menambah keelokan pantai ini.

Photo by.  merubetiri.com
Photo by. merubetiri.com

Di sebelah timur pantai terdapat muara sungai yang luas menyerupai sebuah danau di tumbuhi vegetasi mangrove. di tepi muara sungai ini berdiri pondok wisata,uniknya lokasi pondok ini berdiri menghadap hutan mangrove tepatnya di atas danau bandealit. Meskipun dekat lokasi pantai,namun penginapan disini sudah tergolong air tawar karena sumber airnya di ambil dari mata air pegunungan.

Photo by @safiirasarah
Photo by @safiirasarah

Selain berenang,bermain air dan foto foto atupun surfing,kita juga bisa mengunjungi demplot penangkaran rusa timor,mengunjungi pameran bunga anggrek di green house anggrek atau menelusuri danau buatan dengan menggunakan speedboat atau kano yang di sewakan penggelola. Karena letaknya yang berada di dalam lokasi Taman Nasional Meru Betiri membuat tempat ini terkesan tersembunyi dan sangat cocok buat wisatawan yang ingin mencari ketenangan sambil menikmati keindahan panoramanya. Berbagai fasilitis seperti penginapan,toilet ataupun camping ground juga disediakan disini bagi yang suka ngecamp.

Dari pusat kota Jember ke lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 2-3,5 jam. Untuk sampai ke pantai kita menggunakan mobil sejenis trooper/double gardan melewati pedesaan,jalan bebatuan,sungai kecil dan hutan hutan sepanjang taman nasional tersebut. Jika beruntung kita bisa melihat satwa satwa liar yang ada disini. Sangat tidak disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor mengingat kondisi jalur perjalanan yang sangat ekstrem. Untuk trooper/land rover sendiri disewakan dengan harga berkisar Rp.800,000 .

Photo by. telusuriindonesia.com
Photo by. telusuriindonesia.com

Rute Menuju Pantai Bandealit

*Surabaya-Jember-Tempurejo/Ambulu-Andongrejo-Bandealit

*Rute dari Jember menuju Kec.Ambulu,sampai di perempatan Ambulu arah papuma belok kiri menuju perkebunan kota Blater,dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam.

*Rute dari Jember menuju arah Talangsari kemudian pertigaan lurus ke arah Tempurejo sampai menemukan desa Andongrejo,di butuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Rute Menggunakan Kendaraan Roda Empat

*Surabaya-Jember menempuh jarak kurang lebih 200km/sekitar 5 jam.

*Jember-Tempurejo/Ambulu menempuh jarak 25 km/sekitar 1 jam.

*Tempurejo-Andong Rejo berjarak kurang lebih 20 km/sekitar setengah jam.

*Andong Rejo-Bandealit berjarak 14 km/1 jam (rute ini harus menggunakan mobil sejenis trooper/land rover)

Tiket masuk ke lokasi Pantai Bandealit pada hari biasa untuk satu pengunjung sebesar Rp.5000/hari,namun jika membawa rombongan dikenakan Rp.3000/orangnya selama sehari. Untuk hari libur tiap pengunjung di kenakan biaya sebesar Rp.7.500/per hari dan rombongan sebesar Rp. 4.500/orangnya.

Photo by. telusuriindonesia.com
Photo by. telusuriindonesia.com

Tertarik mengunjungi pantai yang masih asri ini  ?? perlu kalian coba jika ada planing mau explore ke kota Jember nih guys..

 

 

Tags

Related Articles

2 thoughts on “Eksotisme Pantai Bandealit”

  1. Salah satu spot wajib jika Travel ke Jember, Pantai dg vegetasi tanaman hutan lengkap, paduan panorama alam hutan, danau,tebing gunung dan pantai nan indah ini terletak di dalam Taman Nasional Meru Betiri. Untuk mencapai lokasi harus melalui medan yang berat. Jalan berbatu, Tanjakan dan tikungan mendominasi karena harus melewati gunung untuk mencapainya.

    Pastikan menggunakan kendaraan yang baik dan ban yang bagus agar bisa sampai dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close