Home / Blog / Seni & Budaya / Di Gorontalo Ada Desa Wisata Religius? Yap, Desa Adat Bubohu Namanya

Di Gorontalo Ada Desa Wisata Religius? Yap, Desa Adat Bubohu Namanya

Desa Adat Bubohu merupakan desa yang ditetapkan sebagai Desa Wisata Religius oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo karena pesona wisata budaya nya yang tersimpan dengan baik. Desa adat ini juga merupakan sebuah pesantren alam dimana di dalamnya terdapat para santri yang tengah menimba ilmu agama Islam.

Selain mempelajari agama Islam, Desa Adat Bubohu juga merupakan tempat belajar untuk mengenal lebih jauh sejarah dari Kerajaan Gorontalo. Maa Taduwolo, sebuah tempat di dalam lingkungan desa adat ini menyimpan berbagai macam sumber yang berkaitan dengan sejarah Kerajaan Gorontalo.

Foto by IndonesiaKaya

Ketika menyambangi Desa Adat Bubohu, kalian akan disambut oleh kumpulan fosil kayu di depan pintu masuk desa yang berbaris rapi di atas permukaan tanah. Di dalam lingkungan pesantren alam Bubohu, terdapat satu pemandangan khas yaitu barisan gubuk khas Gorontalo yang disebut Wambohe berjajar rapi di lingkungan pesantren.

Selain Wombohe, di dalam lingkungan pesantren juga terdapat beberapa bangunan kayu yang bentuknya menyerupai Toyopo atau wadah yang biasa digunakan masyarakat Bungo untuk menyimpan kue saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, jauh di atas puncak bukit, namun masih masuk daerah Desa Bubohu, terdapat juga sebuah mesjid yang diberi nama Masjid Walima Emas.

Foto by IndonesiaKaya

Oh iyah, Desa adat ini terletak di Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari Bandara Jalaludin, Gorontalo.

Desa yang berpenduduk kurang lebih 3.200 jiwa atau 850 kk yang menyebar di 5 (lima) dusun, dusun timur, dusun tengah, dusun barat, dusun tenilo dan dusun wapalo pada tahun 2004 di tetapkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai Desa Wisata Religius dengan pesona wisata budayanya yang spektakuler.

Foto by IndonesiaKaya

Selain memiliki keunikan budaya, Desa Bubohu memiiki aset pariwisata alam dan religius lainnya.
Mayoritas penduduk desa ini adalah nelayan dan perantau, kecuali dusun Tenilo dan Wapalo sebagian besar penduduknya adalah petani dan penambang batu alam.

Ref by https://www.indonesiakaya.com; http://www.gorontalofamily.org

About febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; So, please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Check Also

Mau Ke Desa Adat Wae Rebo, Baca Tips Penting Ini

Buat kalian yang datang ke Flores, pasti kurang lengkap rasanya jika hanya eksplore keindahan Laut …