Danau & Sungai

Bamboo Rafting, Atraksi Wisata Unik Khas Loksado, Kalimantan

Hai traveller! Masih seputar destinasi wisata di Kalimantan. Tapi kali ini saya akan mengenalkan kamu pada sebuah olahraga air yang sering kita kenal dengan Rafting. Hanya aja rafting kali ini sedikit berbeda dari yang lainnya. Yaitu “Bamboo Rafting” khas Loksado.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Loksado adalah sebuah kecamatan yang menjadi daftar petualangan yang harus kamu kunjungi. Terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Tepatnya di Pegunungan Meratus yang memiliki banyak destinasi wisata air terjun.

Bamboo Rafting sendiri merupakan jenis atraksi air yang cukup unik dan menantang. Hampir mirip seperi rafting pada umumnya, hanya saja Bamboo Rafting tidak menggunakan perahu karet, melainkan rakit bambu tradisional dengan kapasitas  maksimal 3 penumpang dan 1 orang pemandu. Dan hal ini juga yang mendasari terbentuknya nama “Bamboo Rafting”.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Selain itu, Bamboo Rafting dilakukan di Sungai Amandit dengan waktu tempuh mencapai 2 sampai 3 jam. Dan sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan kegiatan Suku Dayak Maratus hingga berakhir di Desa Tanuhi. Sebuah desa yang memiliki sumber air panas alami dari gas bumi.

Untuk mengunjungi Loksado ada baiknya kamu mengambil waktu 2 hari. Dimana kamu dapat menguji adrenalin dengan Bamboo Rafting di hari pertama. Dan di hari kedua kamu dapat menikmati alam sepenuhnya hingga menjelajahi Desa Malaris yang memiliki wisata Balai Adat. Kamu juga bisa melihat langsung proses masyarakat mengolah kayu manis dari pohon hingga berbentuk sirup. Wah, menarik yah.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Sedangkan untuk hal terkait penginapan, kamu tidak perlu khawatir. Karena di Loksado sudah terdapat banyak penginapan yang bisa kamu sesuaikan dengan kantongmu. Seperti Camp AAL seharga Rp. 50.000, Wisma Alya seharga Rp. 150.000, Wisma Loksado seharga Rp. 250.000, sampai Maratus Resort seharga Rp. 300.000 per malam.

So, jika kamu tertarik menguji adrenalinmu dengan Bamboo Rafting, segeralah berkunjung kesini. Kamu dapat memulai perjalanan selama 4 jam dari Banjarmasin menuju Kandangan. Sesampainya di Kandangan kamu dapat langsung menuju ke Loksado yang dapat ditempuh selama 1 jam dengan kondisi jalan yang cukup terjal. Selamat berkunjung :)

Referensi : Galeri Indonesia Kaya

Tags

kikyamaleader

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting yang bereinkarnasi menjadi Travel Journalist di Backpacker Jakarta. Dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia. Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta. Warm Regards, Rizky Amalia | Part of UKM Seni Budaya STEI & Teater Enjuku'18

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close