Air Terjun

Curug Cigangsa, Curug Yang terbentuk karena Gempa

Curug Cigangsa atau yang biasa disebut Curug Luhur adalah sebuah Air Terjun atau lebih sering di sebut curug yang berada di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug yang terbentuk karena bekas longsoran ini memang memiliki keunikan dibanding curug biasanya yakni dinding curugnya yang bewarna hitam. Mengapa dinamkan Curug Cigangsa adalah disesuikan dengan tokoh terkenal dikampung ini yakni Eyang Gangsa.

foto : @endang_sulaiman

Curug Cigangsa yang sumber airnya sering digunakan untuk irigasi sawah ini juga memang tak terlalu tinggi tetapi kita akan meliht ada 3 tingkatan atau undakan curug. Di sekitar Curug Cigangsa ada sebuah batu besar yang diberi nama Batu Masigit atau Batu Masjid. Nah batu ini tergolong kramat oleh beberapa warga dan juga sering dianggap sakral jadi kita harus berhati-hati dan menjaga ucapan ketika dekat batu ini.

foto : @fdiposeno

Pemandangan alam yang ditawarkan di curug cigangsa juga tak kalah serunya. Selain hamparan sawah yang hijau dan menguning kita juga bis amelihat alam bebas disekitar sini. Karena curug cigangsa masih tegolong sepi pengunjung jadi berada di curug cigangsa seperti area pribadi.

foto : @endang_sulaiman

Menurut warga curug cigangsa hanya akan ramai saat liburan panjang datang. Banyak yang datang dari luar kota Sukabumi seperti Jakarta atau Bandung. Nah mereka biasanya tak hanya mampir ke curug cigangsa saja tetapi juga ke curug cikaso yang tak jauh lokasinya dari curug ini.

foto : @@ivandjuliand
foto : @vheherdiana03

Untuk menuju lokasi Curug Cigangsa sendiri masih terbilang cukup sulit. Namun buat kalian yang pernah berkunjung ke curug Cikaso, nah lokasinya tak jauh dari curug Cikaso yaitu skitaran 7-10 km atau sekitar 20 menitan. Tiket masuk kecurug cigangsa ini hanya Rp 5.000 per pengunjung, sementara parkirnya dikanakan biaya 10 ribuan.

foto : @brigdinard

Dari dusun Batusuhan sendiri masih cukup dekat untuk sampai di curug cigangsa. Kita harus berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan sungai-sungai kecil maupun perbukitan sekitar 10-20 menitan untuk sampai diatas curug cigangsa. Nah buat kamu yang mau turun kebawahnya kalian harus turun lagi sekitar 20 menitan dengan menuruni tebing yang cukup curam dan licin.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *