Kuliner

Cobain Sate Lilit Khas Pulau Dewata

Berada di suatu daerah untuk traveling tak cukup hanya menikmati keindahan alamnya saja. Perlu juga untuk mengisi perut pastinya dengan kuliner khas daerah yang di kunjungi. Masih di Bali nih guys, dengan segala keindahan alam dan makanan favorit nya. Kali ini ada satu makanan khas pulau dewata yang harus di coba saat berada di sana.

Yupp…siapa yang tak kenal makanan satu ini, Sate Lilit namanya. Sate Lilit merupakan salah satu kuliner khas pulau dewata. Berbeda dengan sate kebanyakan, bahan bahan sate ini juga bervariasi. Ada yang memakai daging ayam ada juga yang memakai bahan dari daging ikan. Tak hanya itu, sambal matahnya juga menjadi khas dari sate lilit ini.

Photo by. resepumami.com

Kali ini artikel akan mengulik bagaimana sih cara membuat Sate Lilit ini. Berikut akan di paparkan bahan bahan dan cara pembuatan Sate Lilit Bali dengan menggunakan daging dari ikan tenggiri.. Monggo di simak yaahhh…

Bahan Bahan Sate Lilit :

500 gram filet ikan tenggiri, 400 gram udang di buang kulit dan kepalanya, 6 sendok makan santan kental, 75 gram kelapa di parut sampai halus, 20 batang serai ambil bagian yang keras 15-18 cm untuk tusuk satenya, 10 lembar daun jeruk di iris halus, 3 sendok teh air jeruk limau, 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu, 20 potongan kertas aluminium ukuran 10×10 cm.

Photo by. m.vemale.com

Untuk bumbu yang di haluskan berikut ini macam macamnya :

12 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 4-5 buah cabai merah, 1 setengah sendok teh kencur di cincang, 2 setengah sendok teh kunyit di cincang, 2 setengah sendok teh lengkuas di cincang, 3 sendok teh gula merah yang sudah di sisir, 3 sendok teh serai yang sudah di cincang halus, 5 butir kemiri sangrai, 2 sendok teh garam.

Photo by. bisnisukm.com

Nah, untuk bahan bahan sambal matahnya sendiri ada juga nih guys :

10 butir bawang merah di iris halus, 2 siung bawang putih di iris halus, 7 buah cabe merah di iris halus, 3 lembar daun jeruk (di buang tulang daunnya dan kemudian iris halus), setengah sendok teh terasi matang, 3 batang serai (ambil bagian putihnya dan di iris halus), 1 sendok makan air jeruk nipis, 40 ml minyak goreng didihkan, 3-4 merica hitam bubuk.

Photo by. resepresepmasakan.com

Yuuk..simak yah cara membuat Sate Lilit nya :

Haluskan filet ikan bersama dengan udang memakai food processor, kemudian tumis bumbu halusnya hingga matang. Masukkan santan, aduk rata, angkat dan biarkan hingga dingin. Campurkan ikan, udang, bumbu halus, kelapa parut, daun jeruk yang sudah di iris dan air jeruk limau. Aduk hingga merata, bagi menjadi 20-25 bagian setelah itu lilitkan setiap bagian adonan pada pangkal batang serai dengan padat (gunakan plastik di tangan agar tidak lengket). Bungkus tiap sate lilit dengan kertas aluminium dan panggang di atas bara api. Balik balikkan sate agar matang dengan merata. Buat sambal matahnya, caranya campurkan semua bahan bahannya setelah itu aduk agar bercampur dengan rata dan masukkan minyak goreng yang sudah mendidih. Sate Lilit siap di santap dan lebih nikmat menggunakan nasi hangat yang menambah maknyus rasanya.

Photo by. catatan-nina.blogspot.com

Jadi, bagaimana tertarik dong mencoba kuliner satu ini. Harus dong, apalagi kalau setelah jalan jalan biasanya perut pasti keroncongan.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *