Alam & TamanCandiSeni & Budaya

Candi Sambisari, Sleman Yogyakarta

Candi Sambisari merupakan candi yang secara administratif terletak di Purwomartani,Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini diduga kuat oleh para arkeolog didirikan pada masa Kerajaan Mataram Kuno oleh Raja Rakai Garung sekitar abad ke-9.

Foto: youtube.com

Bangunan Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang digunakan untuk menyembah Dewa Siwa. Hal tersebut terbukti dengan terdapatnya candi induk yang didampingi oleh tiga candi perwara yang menjadi karakteristik Candi-candi Hindu yang ada. Kompleks Candi ini mempunyai ukuran sekitar 50m x 48 m dengan pagar batu pada sekelilingnya. Dinding luar utama dapat dijumpai beberapa iconik candi seperti relung patung Dewi Durga Mahisasuramardini pada bagian utara, Patung Ganesha pada bagian timur, Patung Agastya pada bagian selatan, serta patung Mahakala dan Nandiswara sebagai penjaga pintu pada bagian barat. Pada bangunan induk atau utama sendiri terdapat lingga yoni berukuran besar dengan ceruk yang ditopang oleh kepala naga.

Foto: wisatajogjamurah.com

Candi yang berlokasi diantara rumah warga dan persawahan ini konon mempunyai sejarah singkat dalam penemuannya. Sekitar tahun 1966, seorang petani yang bernama Mbah Karyowinangun tengah mencangkul batu, setelah ditelusuri lebih dalam ternyata batu tersebut diduga sebagai puncak candi. Usut punya usut, candi tersebut terkubur oleh pekatnya letusan abu vulkanik Si Legendaris Gunung Merapi.  Tak seperti candi-candi di Jogja lainnya yang biasanya berada di ketinggian, justru lokasi Candi Sambisari berdiri 6.5m dibawah permukaan tanah.

Foto: rentalhiacedijogja.com

Suasana candi yang asri menjadi daya pikat tersendiri para wisatawan. Biasanya pada sore hari akan banyak anak-anak yang bermain di sekitar candi, untuk sekedar main layang-layang atau menikmati sunset. Tiap sudut candi yang bersih dan rapi dengan latar hijau menjadi lokasi yang tak kalah indah untuk lokasi berburu fotografi. Fasilitas di candi ini juga lumayan, dengan terdapatnya ruangan informasi khusus candi, bangku-bangku untuk duduk santai agar kamu tak lelah menghadapi kenyataan.

 

 

Sumber referensi: jogja.mblusuk.com & wikipedia.id

 

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close