Museum & SejarahWisata Jakarta

Menjelajahi Museum Fatahillah

Bagi warga yang tinggal di Jakarta, Museum yang dikenal dengan nama Museum Fatahillah ini tentu bukan tempat yang asing lagi didengar. Museum yang memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta ini menjadi lokasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kalangan juga dari berbagai daerah.

museum-fatahillah-1

Museum yang sering disebut juga dengan nama Museum Batavia ini terletak di Jalan Taman Fathillah No.1, Jakarta Barat. Merupakan sebuah museum yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa kita merdeka. Berdasarkan sejarahnya, museum yang memeiliki luas sekitar 1.300 mini merupakan Gedung Balai Kota yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan serta ruang penjara bawah tanah.

ruang di dalam museum
ruang di dalam museum

Dari segi arsitektur , museum kebanggan kota Jakarta ini memiliki penunjuk arah mata angin di atap tertingginya serta terdapat tulisan “Gouvernorskantoor” di bagian depan bangunannya yang menjadikan cirri khas gedung tersebut. Selain itu di sisi sebelahnya terdapat koleksi meriam yang dicat berwarna hitam serta sebuah kolam kecil di depan museum. Dan jika dilihat, museum 3 lantai  ini secara keseluruhan bercat tembok putih dengan perpaduan cat jendela berwarna hijau dan kuning.

bersepeda di depan museum fatahillah
bersepeda di depan museum fatahillah

Museum yang berada pada kawasan Wisata Kota Tua Jakarta ini, menyimpan sekitar 23.500 koleksi replica dan benda bersejarah. Koleksi ruang pameran didalamnya antara lain Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung dan Runag MH Thamrin. Dan untuk bisa menikmati kedalam museum kita hanya dikenai tiket retribusi sebesar Rp.2000.- saja. Dengan jam buka pukul 09.00 hingga pukul 03.00 sore.

meriam di museum fatahillah
meriam di museum fatahillah

Museum yang merupakan bagian dari Wisata kawasan Kota Tua ini, tak pernah lengang dari pengunjung. Sebab, di depan area luas museum ini sering digelar acara budaya dan kesenian yang menarik untuk dinikmati. Berbagai kalangan seniman kota tua dengan segala bakat uniknya juga turut meramaikan suasana di museum Fatahillah ini. Sekedar bersepeda santai atau menikmati suasana Jakarta yang beraroma tempo dulu menjadi hal yang berkesan ketika berkunjung di museum yang satu ini.

museum-fatahillah-9

Fasilitas seperti mushola juga bisa kita temukan di museum ini. Jika ingin membeli cinderamata atau sekedar mengganjal perut yang lapar, penjual pun sudah banyak yang berhamburan menjajakan aneka dagangannya. Ingin liburan di Jakarta yang seru, murah sambil belajar tentang perjalanan sejarah bangsa kita, Museum Fatahillah adalah lokasi yang tepat untuk kalian kunjungi.

 

Sumber: Wikipedia

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close