Alam & TamanBlogEditor PicksGunung

Bukit Pergasingan, Bukit Terindah di Desa Sembalun Lombok

Siapa yang tidak mengenal Gunung Rinjani? Gunung yang memiliki pesona indah ini memang menggoda banyak penggiat alam untuk mengunjunginya. Tetapi bagi beberapa dari mereka yang memang gemar bercengkrama dengan alam tetapi tidak terbiasa mendaki gunung tentu saja berat rasanya untuk bisa mencapai Rinjani. Tetapi ternyata banyak cara lho untuk bisa menikmati Gunung Rinjani, salah satunya yaitu memandangnya dari kejauhan dengan soft-trekking di bukit terindah yang ada di Sembalun, Bukit Pergasingan.

foto: instagram @iamhariis
foto: instagram @iamhariis

Pemandangan Sembalun memang tiada duanya. Selain ada Gunung Rinjani dan Bukit Nanggi, spot alam yang satu ini bisa dibilang menjadi favorit pelancong yang datang ke Lombok. Selain pemandangan indahnya, Bukit Pergasingan ini juga tidak terlalu sulit didaki.

Untuk mencapai ke pintu rimba, terdapat beberapa alternatif yang bisa kalian tempuh yakni menggunakan ojek, berjalan kaki ataupun dengan menaiki mobil pick up jika kalian datang dengan rombongan. Sesampainya di sana kalian akan dikenakan retribusi sebesar Rp. 15.000. Pengelola lokasi wisata indah nan asri ini adalah para pemuda yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC) yang bertugas menjaga serta mengelola retribusi dengan mempergunakannya untuk melestarikan area Bukit Pergasingan ini.

foto: instagram @christinasusilo
foto: instagram @christinasusilo

Bagi sobat BPJ yang ingin mendaki bukit ini, tak perlu khawatir karena Bukit Pergasingan begitu mudah didaki dengan adanya anak-anak tangga yang tersusun sampai nantinya kalian menemukan trek tanah berbatu. Tetapi tetaplah waspada, meskipun pendakiannya tidak seekstrim mendaki gunung diharapkan untuk selalu hati-hati, karena kalian akan menemukan trek dengan kemiringan 60-70 derajat.

Bukit yang berketinggian 1700 mdpl ini menghadap langsung ke Gunung Rinjani dengan pemadangan petak-petak sawah elok nan rapi. Jika dilihat dari ketinggian, sawah-sawah milik warga Desa Sembalun ini berwarna-warni, mulai dari hijau sampai warna padi yang telah menguning.

foto: instagram @dantesyarif009
foto: instagram @dantesyarif009

Sobat BPJ yang ingin kemari disarankan tetap menggunakan perlengkapan yang safety seperti sepatu hiking dan jaket tebal karena udara disini cukup dingin, terlebih jika kalian ingin berkemah di sini. Jangan lewatkan pemandangan sunrise maupun sunset yang mengagumkan di atas puncak Bukit Pergasingan ya! Happy traveling!

Source: phinemo.com

Tags

Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Related Articles

1 thought on “Bukit Pergasingan, Bukit Terindah di Desa Sembalun Lombok”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close