Alam & TamanBlogEditor Picks

Embung Nglanggeran, Tempat Alternatif Melihat Sunset di Gunung Kidul

Satu lagi wahana wisata di kawasan Gunung Api Purba, yaitu Embung Nglanggeran. Yang menarik dari embung ini selain dibangun diatas bukit adalah kita bisa melihat sisi Gunung Api Purba Nglanggeran dan pemandangan alam Gunung Kidul yang sangat indah.

Indah dan Eksotis

Dalam kunjungan saya ke Yogya, awalnya, tempat wisata ini sengaja saya masukkan dalam destinasi alternatif jika saya tak sempat mengunjungi Embung Batara Sriten. Dan pada akhirnya, takdir menuntun langkah saya ke Embung Nglanggeran yg akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan di dunia travellers. Embung Nglanggeran letaknya tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Secara administratif Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jarak tak merusak keindahan. begitu juga batu diantara kita. hehehe

Setelah mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, saya langsung menuju ke tempat wisata ini. Motor pun saya pacu dengaan cepat agar tiba disana tepat pukul 5 sore. Menuruf artikel yang saya baca, waktu yang tepat untuk mengunjungi Embung Nglanggeran adalah pada sore hari.  Sebenarnya tidak sulit untuk mencapai tempat ini, cukup mengikuti jl. Wonosari, setelah melewati tanjakan bukit Patuk yang berliku dan memicu adrenalin, menjelang kawasan Alas Bunder terdapat pertigaan dengan papan petunjuk yang cukup jelas menuju kawasan wisata ini. Sesampainya di parkiran yang cukup luas, kitacukup berjalan mendaki bukit sekitar 95 meter, dan sampailah kita di telaga buatan ini.

 

alangkah indah’y hidup ini andai dapat ku tatap wajahmu. hahaha..

Akhirnya saya sampai di tempat ini pukul 5 lebih 10 menit, belum terlambat tuk menikmati indahnya sunset dengan view Gunung Api Purba dan hijaunya daerah Gunung Kidul dari ketinggian. Perjalanan yang cukup memicu adrenalin sungguh terbayarkan saat mencapai lokasi Embung. Dan benar saja, saya disuguhi pemandangan yang sangat Indah dan Eksotis. Pemandangan yang masih benuansa natural dan dihiasi  sajian tebing – tebing batu yang menjulang tinggi, serta telaga buatan yang membiaskan sinar cahaya matahari menambah pemandangan semakin menarik. Subhanallah!

Parkiran yang cukup luas. tp tak seluas hatimu. #eh

Selain itu disekeliling telaga Embung Nglanggeran ini terdapat tempat duduk yang terbuat dari bongkahan batu yang ditata rapi di jadikan tempat duduk, serta gubuk pandang. Untuk menikmati keindahan Embung dari atas, juga dibuat semacam gazebo. Di spot ini kita bisa melihat keseluruhan embung beserta pemandangannya.

Menuju Senja tanpa purnama

Disaat senja, ketika matahari perlahan tenggelam dan cahaya matahari yang sudang mulai berwarna Jingga, tempat wisata inisemakin ramai di kunjungi. Ketika malam hari, tempat ini juga ramai di kunjungi dengan pemandangan yang remang – remang yang berhiaskan lambu taman di sekeliling bukit dan sekeliling taman yang membuat suasana romantis bagi kalangan muda, pemandangan kota Jogja dimalam hari terlihat dengan jelas dengan kelap kelip lampu kota.

ada Gunung Api Purba, dibalik keindahan Embung

Jika dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan menuju  Embung Nglanggeran ini dapat di tempuh kira – kira 1 jam 30 menit. Jika menuju Ke Embung Nglanggeran, lebih baik menggunakan kendaraan Pribadi, baik kendaraan roda dua atau roda empat. Hal ini dikarenakan perjalanan yang cukup jauh, dan transportasi yang cukup sulit di jangkau dengan transportasi umum. Perjalanan yang memacu adrenalin, akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah dan eksotis.

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close