Home / Blog / Danau & Sungai / Berkunjung Ke Sumatera Barat? Jangan Lupa Mampir Ke Danau Singkarak

Berkunjung Ke Sumatera Barat? Jangan Lupa Mampir Ke Danau Singkarak

Mau menikmati Danau yang tenang tanpa sampah? Melihat sampan nelayan yang bertebaran dimana-mana? Dan tentunya Siluet yang mempesona?

Danau Singkarak pilihan nya!

Foto by @febe_shinta

Terletak di dua Kabupaten yakni Tanah Datar dan Solok, Provinsi Sumatera Barat, Danau Singkarak wajib masuk dalam bucked list kalian.

Bagaimana tidak? Pesona yang ditawarkan oleh danau ini dipastikan akan membuat kalian betah untuk berlama-lama.

Danau yang memiliki luas kurang lebih 1000 hektar ini merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera yang memiliki kedalaman air sekitar 268 meter. Berada di ketinggian 363,5mdpl membuat udara di sekitaran danaupun terasa adem dan sejuk.

Ada pula kegiatan yang bisa kalian lakukan di Danau Singkarak adalah naik sampan, memancing atau hanya sekedar dibibir danau sambil menikmati sunset. Oh iya, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment berharga ini.

Foto by @febe_shinta

Danau yang memiliki latar belakang Bukit Barisan sangat sayang sekali untuk dilewatkan, terlebih di sekitaran danaupun banyak terdapat warung untuk kalian bersantai. So, jangan khawatir mengenai isi perut.

Selain kegiatan dan makanan, ada hal lain yang tidak kalah penting yakni Tour de Singkarak dan Ikan Bilih.

Penasaran?

Yuk simak lagi kebawah!

Danau ini sudah menjadi bagian dari event balap sepeda tingkat international yang diselenggarakan setiap tahun nya dengan sebutan Tour de Singkarak. Ajang bergengsi ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2009 sebagai event tahunan. Dan pada tahun 2017, Tour de Singkarak kembali dilaksanakan untuk ke-9 kalinya dengan menempuh 9 Etape dan melalui 18 Kabupaten kota yang memiliki total jarak 1226 KM. Untuk info detail nya, kalian bisa langsung buka di http://www.tourdesingkarak.id/

Nah, sekarang berbicara mengenai ikan bilih (Mystacoleucus padangensis), ini adalah salah satu ikan yang hanya bisa hidup di Danau Singkarak saja. Terbukti, beberapa orang yang sudah mencoba untuk mengembangbiakkan ikan ini selalu gagal dan mati.

Ikan Bilih merupakan salah satu sumber ekonomi milik warga disekitaran Danau Singkarak. Untuk menikmatinya bisa digoreng ataupun dicocol sambal ditambah dengan nasi hangat. Duh jadi pengen!

Foto by Takaitu

So, keindahan danau, kesejukan angin yang menghilir dan airnya yang jernih merupakan pesona tersendiri milik Danau Singkarak yang tidak akan kalian temui di danau-danau lainnya sehingga membuat danau ini begitu istimewa untuk dikunjungi dan masuk dalam wishlist kalian.

Referensi by http://www.febeshinta.com

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Waduk Bajulmati, Raja Ampatnya Banyuwangi

Waduk Bajulmati adalah waduk yang terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo, Provinsi …