Alam & TamanCandi

Berkelana ke Candi Gebang Sleman, Yogyakarta

Liburan ke Yogyakarta, nggak melulu tentang malioboro guys. Sesekali kamu harus coba wisata candi-candi yang jarang terekspos. Seperti halnya dengan Candi yang terletak di Kabupaten Sleman ii bernama Candi Gebang. Seperti apa karakteristik dan keistimewaan panorama Candi Gebang ini, kita ulas sama-sama yuk!!

Foto: jogja.tribunnews.com

Candi Gebang merupakan salah satu warisan cagar budaya yang berada di Kota bertagar Kota Gudeg. Lokasi persisnya terletak sekitaran Condongcatur di dusun Gebang, Kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 Masehi pada masa kepemimpinan Raja Wangsa Sanjaya. Candi Gebang memiliki ukuran sekitar 5,25 x 5,25 m dengan tinggi sekitar 8 meter yang menghadap ke timur. Puncaknya berbentuk lingga, Candi ini memiliki arca Ganesa pada relung barat, 2 relung di sisi pintu yang salah satunya merupakan arca Nandiswara serta dijumpai Yoni pada ruang candinya.

Foto: jalanjalanceria.com

Candi bercorak Hindu ini, memiliki suasana yang teduh , tenang dan nyaman. Semakin kamu berusaha menyusuri keunikan sejarah candi ini, semakin pula kamu akan merasa jatuh hati. Konon, candi ini ditemukan pertama kali pada bulan November tahun 1963 oleh penduduk yang tengah mencangkul tanah. Candi Gebang juga sempat mengalami pemugaran sekitar kurun waktu antara 1937-1939 oleh Dinas Purbakala pada masa pemerintahan Belanda yang dipimpin oleh Dr. Van Ramondt. . Untuk kondisi di kawasan candi cukup terawat, hijau dan rapi, meskipun candi ini tidak terlalu besar. Bahkan sudah dilengkapi dengan bangku-bangku untuk duduk santai bagi pengunjung di sudut taman.

Foto: paketwisatajogja.net

Cara menuju ke situs Candi Gebang ini, memang tergolong masih sulit karena lokasinya yang memang lebih berdekatan dengan areal perumahan. Tentu saja dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi kamu bisa manfaatkan GPS atau tanya langsung ke warga setempat di sekitaran Condongcatur atau desa Gebang tadi. Untuk memasuki kawasan candi bersejarah ini, kamu cukup membayar retribusi sebesar Rp. 2.000,- saja. Bahkan terkadang gratis, karena warga kerap menghabiskan waktu sore di candi ini.

Masih penasaran seperti apa istimewanya Candi Gebang ini?? Langsung kunjungi dan kepoin betapa istimewanya Candi tersembunyi di Yogyakarta ini guys!!

 

Sumber referensi: Wikipedia.org.id, candi.perpusnas.go.id & andikaawan.blogspot.com

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close