Alam & TamanGunungPantai

Panorama Megahnya Samudera Hindia dari Puncak Kosakora, Gunung Kidul

Buat kamu.. iya kamu yang punya setangkup haru dalam rindu dan suka terhanyut dalam nostalgia, coba yuk melipir ke Gunung Kidul. Masih berbicara soal wisata di Jogja, kali ini kita wajib tahu indahnya panorama Puncak Bukit Kosakora yang berlokasi di kawasan Gunung Kidul. Karena di lokasi ini kita bisa menikmati pemandangan ala-ala Samudera Hindia dari ketinggian.

Foto by: brobali.com

Nah, kalo kamu tipe seorang yang suka wisata landscape yang luas, tempat yang satu ini harus masuk ke list album fotomu. Namanya Bukit atau Puncak Kosakora. Lokasinya terletak di Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Rutenya bisa kamu tempuh dari Kota Yogyakarta menuju arah ke Pantai Drini dan kemudian dilanjutkan dengan trekking menapaki Pantai Ngrumput Menuju puncak Kosakora. Karena memang posisinya berada di sebelah timur dari Pantai Drini sekitar 2km.

Foto: angkisland.com

Untuk bisa menuju ke Bukit Kosakora, kita harus berjalan menapaki jalan setapak di tengah rimbunnya pepohonan. Setelah itu, kamu akan tiba pada jalan menuruni bukit dengan jalur yang lumayan sulit, namun jangan khawatir karena setelah itu kamu akan disambut dengan hamparan padang rumput lebat dan hijau di sekeliling bukit di dekat Pantai Watu Bolong. Setelah itu kamu akan melewati bukit lagi di Pantai Ngrumput yang terkenal dengan pasir putihnya. Tak jauh dari situ akan tampak plang menuju Puncak Kosakora, lengkap dengan pagar bambu sebagai pegangan untuk trekking berikutnya.

Foto: bonvoyagejogja.com

Nah, sambil trekking pastikan kamu mengamati daerah sekelilingmu. Karena pemandangan ciamik bakalan disajikan dari ketinggian ini. Aneka spesies tanaman, birunya pantai-pantai di seberang serta padang rumput yang luas bakalan kita jumpai kembali. Disinilah lokasi yang pas untuk camping dari ketinggian dengan panorama yang sempurna, berupa perbukitan dan lautan luas. Tak heran jika pengunjung kerap mengatakan” sekali dayung, dua tiga pulau terlampau”. Karena peribahasa tersebut memang pas dan cocok untuk mendeskripsikan betapa kompleksnya pemandangan yang ditawarkan dari puncak Kosakora ini.

Foto: sekedarnews.com

Uniknya, konon kata Kosakora merupakan sebuah singkatan dari “Koran Sak Lembar Kopi Ora Ono.” Ketinggian Puncak Kosakora sendiri diperkirakan sekitar 50 mdpl. Dari ketinggian tersebut akan tampak megahnya pemandangan Samudera Hindia yang membentang luas. Barisan Pantai yang menawan seperti Pantai Ngrumput, Pantai Watu Bolong, Pantai Drini, Watu Kodok, Sepanjang dan Lolang pada sisi barat dan Pantai Krakal, Sadranan, dan Ngandong pada sisi timur bisa kita saksikan langsung dalam satu kedipan mata.

Foto: cintaihidup.com

Lokasinya tak hanya seru buat hunting foto, tapi juga bisa buat cari inpirasi dan ketenangan. Sejauh mata memandang tak hanya luasnya hamparan langit dan lautan biru saja, tapi juga megahnya mentari yang bersinar. Semakin lama kamu berada di Puncak Kosakora, semakin kamu menyadari betapa kamu begitu kecil dan tak ada apa-apanya dibandingkan Kuasa Sang Pencipta. Nah,jika kamu berencana berkunjung kamu cukup bayar tiket masuk Rp. 2.000,- serta siapkan kodisi kendaraan, perlengkapan bekal dan fisik yang oke guys. Selamat berjelajah!!

 

Sumber referensi: setapakpesona.blogspot.com & tempatwisataindonesia.id

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *