Home / Blog / Alam & Taman / Batu Layar Lombok, Wisata Pantai & Religi

Batu Layar Lombok, Wisata Pantai & Religi

Sumber : tempatwisatadilombok.com
Sumber : tempatwisatadilombok.com

Batu Layar di pulau Lombok adalah nama sebuah desa di pulau ini. Sebuah nama desa di Kabupaten Lombok  Barat. Daerah ini sebenarnya bukan salah satu tujuan wisata favorit di Lombok. Karena pantainya sendiri tidak jauh berbeda dengan pantai biasa dan di pinggir pantainya banyak pemukiman penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan.

Sumber : wisata-hore.blogspot.com
Sumber : wisata-hore.blogspot.com

Dapat dilihat juga banyak berjajar kapal-kapal nelayan di sana. Tapi tidak salah juga jika mengunjungi batu layar Lombok mampir ke pantai ini. Untuk dapat menuju ke pantai batu layar yang jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat kota mataram atau sekitar 2 km sebelum pantai senggigi ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua.

Sumber : wisatalombokaja.blogspot.com
Sumber : wisatalombokaja.blogspot.com

Pantai Batu Layar sendiri berada tak jauh dengan Pantai Batu Bolong, dan juga Pantai Senggigi, kalian harus mampir untuk menikmati keindahan pasir putih di pantai-pantai tersebut.

Selain kalian menikmati wisata Pantai Batu layar ada juga wisata religinya yaitu terdapat Makam Batu Layar Lombok. Makam tersebut adalah merupakan makam seorang pemuka agama Islam di Lombok yakni Sayid Duhri Al Hadad Al Hadrami. Beliau adalah pemuka agama Islam di pulau Lombok, khususnya desa Batu Layar.

Sumber : jejakliburanku.blogspot.com
Sumber : jejakliburanku.blogspot.com

Tetapi bukan jasadnya yang dimakamkan, jadi makam di sini hanya menunjuk tempat dimana beliau pernah singgah di tempat ini. Beliau adalah seorang tokoh penyebar agama Islam dan pernah tinggal di Lombok ini namun tidak dalam waktu lama. Beliau kemudian melanjutkan perjalanannya untuk melanjutkan misinya.

Sumber : lombok.panduanwisata.id
Sumber : lombok.panduanwisata.id

Selain Batu Layar, terdapat lokasi lainnya yang termasuk obyek wisata religius yakni, Makam Loang Baloq, Makam Bintaro, Pura Meru, Taman Mayura, Makam Selaparang di Lombok Timur serta sejumlah lokasi lainnya.

About RARA.diandra

Check Also

7 Destinasi Wisata di Kalimantan Yang Wajib Anda Datangi

Pulau Kalimantan atau dikenal juga dengan Borneo, memiliki potensi wisata baik wisata alam maupun pantai. …