Danau & SungaiGunung

Ajaibnya Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu

Foto: dyaiganov.com
Tiga buah danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu dan memiliki tiga warna berbeda yang selalu berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu ini dikenal dengan sebutan Danau Kelimutu. Indonesia selalu menyimpan pesona yang luar biasa dan mampu menarik siapa pun untuk singgah bahkan menetap. Bukan hanya wisatawan lokal yang dibuat berdecak kagum, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Merupakan gunung berapi yang terletak di Flores, NTT ini menyimpan pesona dan keindahan melalui danau tiga warnanya. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna pada danau ini selalu memiliki artinya masing-masing. Penduduk setempat pun masih meyakini bahwa pada saat danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang-orang yang telah meninggal.

Ketiga danau ini hanya dibatasi oleh dinding batu sempit yang mudah longsor dengan ketinggian 50 sampai 150 meter. Keindahan Danau Kelimutu ini sudah populer sejak tahun 1.915 hingga ke mancanegara. Pengunjung yang datang ke tempat ini bukan hanya mengagumi keindahannya saja, tetapi juga meneliti fenomena alam yang sangat langka ini.

Jika kamu berkunjung pada tanggal 14 Agustus, kamu bisa melihat Festival Danau Kelimutu yang bernama Pati Ka yang berarti memberi makan. Pemberian makan ditujukan untuk para leluhur Danau Kelimutu berupa sesaji yang terdiri dari daging babi dan moke atau minuman beralkohol khas daerah setempat.

Foto: lavascotravel.com

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini cukup lengkap, ada penginapan, rumah makan, area parkir, dan toilet umum. Jangan lupa membawa pakaian hangat dan jaket sebab suhu udara di tempat ini cukup dingin. Lengkapi perbekalanmu dengan senter jika ingin naik pada pagi dini hari dan juga jangan melupakan lotion anti nyamuk ya.

Jalur trekking menuju Danau Kelimutu yang tidak terlalu tinggi akan memudahkan kamu yang tidak terbiasa naik gunung karena kamu hanya perlu melalui jalur tangga yang sudah dibuat dan tentunya sangat ramah untuk dipijak. Ada baiknya kamu memulai perjalanan sekitar pukul 2 atau 3 pagi untuk sekaligus menikmati sunrise Kelimutu yang terkenal gagah.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close