Air Terjun

Air Terjun Kapas Biru, Air terjun Terindah di Jawa Timur

Air Terjun Kapas Biru atau yang biasa disebut Coban Kapas Biru adalah air terjun yang terletak di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Kapas Biru merupakan salah satu Objek wisata andalan kabupaten Lumajang mengingat pesona dan keindahanya memikat banyak wisatawan yang datang dari luar kota bahkan luar Jawa.

foto : @hens4m

Air Terjun Kapas Biru sebenranya tergolong air terjun yang baru sebab mulai dibuka untuk umum sekitar tahun 2015 lalu. Air Terjun Kapas Biru memiliki ketinggian sekitar 100 meter lebih dan menjadikanya sebagai salah satu air terjun tertinggi di pulau Jawa dan Indonesia.

foto: @novanirza

Air Terjun Kapas Biru ini bentuknya cukup unik karena memiliki 2 tingkatkan. Tingkat atau undakan pertama yang berada dibawah memiliki tinggi sekitar 90 meter dan tingkat yang ada diatas memiliki tinggi sekitar 10 meter. Air Terjun Kapas Biru juga diapit tebing yang membuatnya terlihat begitu indah dan sangat instagramable.

foto : @guntarayudi_

Air Terjun Kapas Biru berasal dari aliran anak Sungai Besukbang atau Sungai Lengkong yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Air Terjun Kapas biru juga menjdi salah satu dari sekian banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Besukbang-Glidik di perbatasan Kabupaten Malang – Kabupaten Lumajang.

foto : @dwi_riyanto17

Debit Air Terjun Kapas Biru cukup deras dan bisa kita rasakan dari kejauhan melalui percikan dan hembusan yang terbawa angin. Tebing-tebing tinggi bewarna kecoklatan dan lumut hijau yang menempel disebagian lembah dinding air terjun membuat Air Terjun Kapas Biru sangat alami dan sangat indah.

foto: @ali_habibi78

Air Terjun Kapas Biru ini tepatnya terletak di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Jarakanya sekitar 51.6 kilometer dari pusat kota Lumajang.

Akses menuju Air Terjun Kapas Biru

Akses menju Air Terjun Kapas Biru bisa ditempuh dari beberapa jalur salah satunya adalah :

1.  Jalur dari kota Malang

Jika memilih jalur dari Kota Malang maka jarakanya sekitar 70.1 kilometer. Dari Malang bisa mengambil arah Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading – Pronojiwo hingga tiba di Polsek Pronojiwo. Nah sekitar 100 meter dari Polsek Pronojiwo kita bisa melihat papan nama atau spanduk yang bertuliskan Coban Kapas Biru.

2. Jalur Lumajang

Jika kita berasal dari kota Lumajang, kita bisa mengikuti jalan utama Lumajang – Malang. Kita akan melewati jalur Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – Pronojiwo hingga sampai di lapangan Pronojiwo. Dari Pronojiwo sekitar 300 meter setelah lapangan kita sudah bisa melihat banner Coban Kapas Biru.

foto: @intanwilis

Oh ya kita harus berjalan kaki lagi dari parkiran sekitar 1.5 Km atau bisa ditempuh dalam 30 menit hingga 40 menit perjalanan untuk sampai ke lokasi Air Terjun Kapas Biru. Tenang saja karena sepanjang jalur sudah banyak petunjuknya dan kita juga sudah bisa melihat Air Terjun Kapas Biru dari kejauhan.

Tags
Show More

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *