Home / Blog / Air Terjun / Air Terjun Sangka Pane

Air Terjun Sangka Pane

Kabupaten Aceh Tamiang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur, dimana kata Tamiang berasal dari kata Da Miang. Kabupaten ini terletak di perbatasan antara Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Apabila wisatawan berangkat dari kota Banda Aceh, wisatawan akan menempuh jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 468 km untuk menuju ke Kabupaten Aceh Tamiang. Sedangkan dari kota Medan berjarak 250 km.

foto : sangkapaneindah.blogspot
foto : sangkapaneindah.blogspot

Wisatawan dapat menikmati keindahan pesona alam air terjun yang masih alami, udaranya yang bersih dan sejuk, serta dapat merasakan kesegaran airnya. Air terjun 17 tingkat adalah air terjun Sangka Pane atau Tansar. Arti dari kata Tansar berdasarkan bahasa Tamiang adalah air terjun tinggi.

aceh-tamiang

Air Terjun Sangka Pane adalah wisata air terjut yang terletak di Desa Pengidam-Kec. Bandar Pusaka- Aceh Tamiang. Jarak antara lokasi wisata tersebut dengan kota Babo ±8 Km. Kendaraan roda empat belum bisa masuk sampai ke lokasi wisata karena akses menuju kesana cukup sulit karena harus melewati jalan menanjak dan sempit diantara lereng gunung. Ditambah lagi jika pada saat musim penghujan.

foto : wisataacehtamiang
foto : wisataacehtamiang

Disini kamu bisa mandi di bawah derasnya air terjun, karena terdapat rongga di bawah air terjun ini. Tetapi harus berhati-hati karena jalan berbatu di sekitar bawah air terjun ini sangat licin dan tentu saja jika terkena air terjunnya serasa dipijat-pijat.

Penulis : Gardini Partiwi

About admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok.

Instagram : @backpackerjakarta

Twitter : @official_bpj

Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta

Group Wa : 089507622003

Check Also

Pesona Kawasan Pantura, Jawa Tengah

Republik Ngapak, itulah kesan pertama ketika dengar kawasan pantura yang ada di Jawa Tengah. Sebut …