Kuliner

Sate Ayam Madura, Kuliner Nusantara yang Melegenda

Salah satu resep andalan dari Madura yang sudah terkenal dan gampang kita peroleh adalah Sate Ayam Madura. Biasanya penjual sate madura ini memiliki ciri khas menggunakan gerobak sate berbentuk perahu. Lebih khas nya lagi kalau orang yang jual asli orang madura pasti menggunakan kaos lorek merah putih dan celana kolor panjang warna hitam dan berkeliling kampung menggunakan topi khas madura.

resep-bumbu-sate

Perbedaan bahan dan bumbu antara sate madura dengan sate lainnya adalah dalam pembuatan sambalnya. Sate madura terbuat dari bahan dasar ayam yang disiram sambal kacang dan irisan cabai serta bawang merah mentah.Sajian Sate Ayam Madura cukup mudah dibuat seperti sate-sate lainnya. Kita dapat menyajikan sate ayam ini untuk lauk saat makan malam atau juga bisa di jadikan menu saat berekreasi bersama teman ataupun keluarga. Sering juga ada acara yang menggunakan menu sate ayam madura sebagai sajian untuk para tamu di berbagai acara besar seperti nikahan, khitanan, syukuran dan lain lain.

www.lestariweb.com
www.lestariweb.com

Bahan bahan dan cara membuat sate ini juga gampang dan tidak sulit,tak ada salahnya jika kita dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep dan juga cara membuat Sate Ayam Madura ini, simak yahhh :

Bahan Sate Ayam Madura :

-1/2 kg  Daging ayam, ambil dagingnya saja, kulit dan tulangnya bisa di sop. Potong dadu/ kotak-kotak kecil

-20 tusuk sate secukupnya

-Nasi putih/ lontong

-1 jeruk nipis, belah jadi 2

Bumbu Kacang Sate Ayam Madura :

-3 butir bawang merah

-4 butir bawang putih

-150 gr kacang tanah, goreng

-2 sdm kecap manis (campuran kacang yang dihaluskan)

-2 sdm kecap manis/ seperlunya (pelengkap saat penyajian)

-2 butir kemiri

-2 sdt gula merah

-150 ml air kaldu

-3 sdm minyak sayur/ goreng

-Garam secukupnya

Sambal Bawang Sate Ayam Madura :

-4 siung bawang putih

-10 buah cabai merah kecil

-Garam secukupnya

Cara Membuat Sate Ayam Madura :

Bumbu kacang : campur bawang putih, bawang merah, kacang tanah, garam, dan kemiri, haluskan. Panaskan minyak, tumis hingga harum, masukkan air kaldu, masak hingga mengental. Angkat.

Campurkan 2 sdm bumbu kacang dengan 2 sdm kecap manis, celupkan sate, bakar hingga setengah matang. Angkat dan gulingkan kembali dalam bumbu, bakar hingga matang, angkat.

Sambal bawang: panaskan minyak, tumis bawang putih hingga setengah matang, angkat. Campur bawang putih, cabe merah kecil, dan garam, haluskan. Sajikan sate ayam madura dengan bumbu kacang, kecap manis, bawang merah, sambal bawang, jeruk nipis, dan nasi putih atau lontong.

Nah, itulah sekilas info soal Resep Sate ayam Madura buat teman teman yang mungkin ingin mencobanya sendiri di rumah.Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

kapanpun.com
kapanpun.com

Sumber : zonamakan.blogspot.com

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *