Batu Angus Ternate, Sebongkah Keindahan Dari Perut Bumi

Permata Hitam Di Ternate

Ternate. Sebuah kota di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara yang letaknya persis di kaki gunung api bernama Gamalama. Karena itulah, Ternate dikenal sebagai daerah yang memiliki pesona berupa alam gunung dan lautan sekaligus yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah Batu Angus Ternate.

Photo by @emyebpj

Batu Angus Ternate sendiri dikenal sebagai salah satu permata hitam yang dimiliki oleh Kota Ternate. Kenapa disebut Batu Angus ? Sebab penampakannya memang berupa tumpukan batu hitam yang dikelilingi oleh panorama yang begitu sempurna.

Batu Angus, Ternate. Photo by @emyebpj
Berasal Dari Perut Bumi

Fyi gengs, batu hitamnya sendiri berasal dari perut bumi yang dimuntahkan oleh Gunung Gamalama pada tahun 1673 dalam bentuk lahar pada saat gunung meletus lalu. Lama-kelamaan, lahar tersebut mengering dan mengerasa menjadi batu dan kemudian berubah warna menjadi hitam seperti hangus.

So, kini keberadaaan Batu Angus menjadi salah satu destinasi favorit yang jarang dilewatkan oleh para wisatawan. Selain karena menyuguhkan keunikan dan pemandangan yang indah, lokasinya pun hanya berjarak 10 km dari pusat kota. Sehingga sangat mudah dijangkau.

Si Hitam Nan Unik

Keunikan lainnya pun dapat kamu nikmati dari beberapa hal yang ada di Batu Angus, seperti adanya batu hitam menyerupai stalagmit yang tersusun dan memanjang dari kaki Gunung menuju ke arah laut lepas, sejumlah peninggalan masa kolonial, situs sejarah yang sangat menyeramkan, hingga lukisan Tuhan yang sangat indah tiada tara.

Photo by http://www.ulinulin.com

Wah, pokoknya, ada banyak sekali yang bisa kamu nikmati di Batu Angus ini gengs. So, kalau kamu mau kesini, kamu bisa mengaksesnya menggunakan angkot, maupun ojek menuju ke Jalan Lain, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Tepatnya di kaki Gunung Gamalama. Jadi, kapan kamu kesini ? :)

Author : @kikyamaleader
Ref    : http://www.ulinulin.com

Hits: 453

fairytalekiky

Menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa.
Dan tulisan-tulisan inilah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Baca Artikel Lainnya