Surga Dunia Sumba di Pantai Pero

Pulau Sumba memiliki banyak “surga tersembunyi” yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Salah satu destinasi yang menawarkan keindahan dan kemurnian alam Sumba adalah Pantai Pero.

Sumber : Surabaya-Extreme-Touring-Community

Pantai Pero merupakan sebuah kawasan pantai yang terletak di Desa Pero Kodi, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Pantai ini berlokasi sekitar 40 km dari ibu kota kabupaten Sumba Barat Daya di Tambolaka dengan waktu tempuh perjalanan dengan mobil kurang lebih 30 menit.

Pamor Pantai Pero memang tak seterkenal Pantai Tarimbang, Puru Kambera, atau Walakiri di Sumba Timur, namun Pantai Pero memiliki dua keunikan yang menjadi ciri khas pantai ini, yakni ombak dan sunset.

Ombak Pantai Pero terkenal cukup besar dan memanjang sehingga sangat cocok untuk lokasi olahraga surfing. Tak heran bila banyak wisatawan asing penggemar surfing yang mengunjungi pantai yang berdekatan dengan Desa Adat Rotenggaro ini.

Sumber : Blogger

Keindahan lain yang dimiliki Pantai Pero adalah sunset-nya. Pantai ini menjadi lokasi favorit wisatawan dan warga sekitar untuk menikmati senja dan menunggu saat-saat matahari tenggelam. Saat sore, pantai ini mulai ramai didatangi pengunjung yang ingin menikmati sunset.

Aktivitas di Pantai Pero tak berhenti seiring terbenamnya matahari. Saat malam, pantai ini tetap ramai karena di bagian timur pantai merupakan dermaga nelayan tradisional dengan puluhan perahu kecil untuk mencari ikan.

Sumber : Ghozian-Islam-Karami

Yang menarik, wisatawan bisa langsung memesan ikan hasil tangkapan nelayan untuk dimasak atau dipanggang. Salah satu hasil laut yang paling banyak kita temukan di Pantai Pero dan menjadi komoditi khas daerah ini adalah cumi-cumi dan gurita.

Sumber : Sumba Pembaharuan

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pero adalah pada musim kemarau, antara bulan Mei hingga Oktober. Datanglah ke pantai ini pada sore hari, beberapa saat sebelum matahari tenggelam untuk menikmati keindahan sinar merah matahari yang perlahan tenggelam di garis horison laut lepas.

Inilah dia Surga Dunia dari Sumba, yuk buruan kesanaa…… Jadilah saksi keindahaannyaa….

Sumber : breaktime.co.id

Hits: 939

Baca Artikel Lainnya