Seni & BudayaTradisi daerah

Perkampungan Tradisional Monbang, Alor

Foto by Ireztia

Perkampungan tradisional Monbang berada di Desa Kopidil Kecamatan Alor Barat Laut. Jarak dari Kalabahi sekitar 7 km. Perkampungan tradisional Monbang ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 dalam waktu 45 menit.

Baca juga : Warga Desa Kopidil Alor Masih Mengenakan Pakaian Dari Kulit Kayu, Ini Dia Sejarahnya

Potensi yang dapat dinikmati di Perkampungan asli suku Kabola adalah rumah adat, lagu, tarian khas suku Kabola dan busana spesifik dari kulit kayu. Dalam perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan indahnya Teluk Mutiara.

Perkampungan ini didiami oleh suku Kabola dan terdiri dari deretan rumah-rumah tradisional khas Alor yang terbuat dari bambu, kayu, serta diatap dengan alang-alang. Bila dilihat sejenak, perkampungan tradisional Monbang mirip dengan perkampungan tradisional Takpala, namun ada hal unik yang membedakannya, yaitu pakaian adat mereka terbuat dari kulit kayu.

Baca juga : Keunikan Kampung Tradisional Takpala Alor di Negeri Seribu Moko

Atraksi budaya yang dapat dijumpai adalah seni tradisional: Cakalele, Lego-lego, dan Tari Rotan. Monbang dapat dicapai dengan menggunakan Mikrolet, Mini Bus bahkan Sepeda Motor.

Referensi by http://www.wisata.nttprov.go.id
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *