Sisi Lain Toba: Bukit Sipolha dan Pulau Hole

Bagi para penikmat alam khususnya yang berasal dari Sumatera Utara, Sipolha tentunya sudah tidak asing lagi. Berada di Desa Beringin, Tuk Tuk Margaret, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam dari Kota Medan untuk mencapai lokasi. Sepanjang perjalanan, mata anda akan disegarkan oleh pemandangan bukit-bukit hijau.

Foto oleh: @winazulfani

Sekitar 5 menit sebelum sampai di lokasi, tidak lagi jalanan aspal mulus yang dilalui melainkan batu kerikil dan jalanan curam yang cukup membuat anda tersentak dari kenyamanan duduk. Ini akan membuat anda harus lebih berhati-hati dalam berkendara.

Setelah tiba, akan ada tukang parkir yang menyambut dan nantinya akan setia menjaga kendaraan anda. Dengan tempat parkir seadanya dan tanpa ada atap pelindung, anda cukup membayar 5 ribu rupiah/ sepeda motor. Tidak ada biaya dan pungutan lain alias free untuk biaya retribusi masuk.

Beberapa menit berjalan kaki, puncak Bukit Sipolha sudah anda pijaki. Keindahan Danau Toba terlihat jelas dari atas bukit. Udara yang segar dan air danau yang biru jadi daya tarik lokasi ini. Tak heran banyak wisatawan yang berkunjung, baik yang hanya singgah sebentar untuk sekedar berfoto ataupun yang memilih lokasi ini sebagai tempat kemah bersama teman-teman.

Dari atas Bukit Sipolha, akan terlihat pulau kecil yaitu Pulau Hole. Hanya berjarak 200 meter dari bukit tersebut. Cukup mengeluarkan “kocek” sebesar 10 ribu rupiah per orangnya, anda bisa ke pulau yang berada di kawasan Danau Toba ini dengan menggunakan kapal penyeberangan.

Foto oleh: @winazulfani

Bukan hanya di Bukit Sipolha, Pulau Hole juga dijadikan tempat berkemah. Pengunjung juga memanfaatkan waktu dengan mancing atau berenang disekitar lokasi.

Sipolha
Foto oleh: @winazulfani

Hits: 4593

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: meninggal tapi tidak masuk Surga.

Baca Artikel Lainnya