Alam & TamanCandiCity Tour & LandmarkLiputan Trip

Liputan One Day Trip Cirebon Kuningan Part #16

Hai gais! Kembali lagi di Backpacker Jakarta, kali ini kami mengadakan One Day Trip Cirebon-Kuningan Part #16 pada tanggal 25 Juli 2020. Really? Di era new normal gini ? Yups! Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dong.

Dibawa oleh duo CP kece, SeptiaCepoy & Firdaus, dan ditemani oleh Deni Oey, One day trip kali ini meraup cukup banyak peserta, yakni 30 orang. Dan tentunya dengan sharecost yang masih tetap murah meriah, yaitu sebesar Rp 225.253 untuk member dan Rp 255.253 untuk non member.

CP & Back Up

Oke baiklah. Kembali lagi ke liputan. Jadi, perjalanan dimulai dengan meeting point di sekret tercinta, yakni sekretariat BPJ cawang uki pada pukul 00.00. Berangkat menggunakan mini bus yang cukup nyaman dan mewwah, kami semua tiba di lokasi pada pukul 04.00 WIB.

Telaga Biru Cicerem

Ini dia destinasi pertama yang kami kunjungi, Telaga Biru Cicereum yang kerap disapa sebagai Danau Sebening Kaca.

Lokasinya terletak di kaki Gunung Ciremai, sehingga tak heran danau ini menjadi salah satu primadonanya Jawa Barat. Kami pun tak segan-segan menghabiskan waktu dengan berfoto ria dari berbagai sudut.

Goa Sunyaragi

Usai memanjakan mata di Telaga Biru Cicereum, kami bertolak menuju Goa Sunyaragi. Yups, goa yang terkenal akan berbagai mitosnya. Mulai dari mitos bisa tembus ke Mekkah dan Cina, mitos enteng jodoh hingga mitos susah dapat jodoh apabila seorang gadis menyentuh Patung Perawan Sunti-nya.

Nah, usai mengeksplorasi goa ini, kamipun bergegas makan siang Empal Gentong Krucuk dan dilanjutkan dengan solat Zuhur di Masjid Merah Pasundan.

Mesjid Merah Panjunan

Selepas mengenyangkan perut, kamipun mengunjungi Masjid Merah Panjunan. Masjid tua yang tidak menyerupai masjid pada umumnya dan dibangun oleh Sunan Gunung Jati Cirebon. Uniknya, tembok masjid merah ini dilengkapi ornamen piring-piring asal Tiongkok. Bagian depan tempat solatnya ditutup setengah pakai pintu kayu, dan biasa dibuka saat lebaran atau hari besar saja sepertiĀ  tahun baru islam.

Tak lama kami disini, karena sejak baru turun bus saja kami sudah diminta parkir Rp 100.000 dan pungli lainnya oleh masyarakat setempat. Karena dirasa kurang nyaman, maka kami hanya menunaikan sholat zuhur saja.

Keraton Kesepuhan

Oke, usai mengunjungi Masjid Merah Pasundan, kali ini kami mengunjungi destinasi terakhir. Yakni Keraton Kesepuhan, yang menjadi ciri khas Cirebon sebagai salah satu wilayah nusantara yang memiliki sejarah panjang Kebudayaan Islam.

Tak terlalu lama kami disini, karena saat kami datang, bertepatan dengan hari ke-3 meninggalnya Sultan sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Sehingga banyak karangan bunga terpajang yang kurang etis jika kami terlalu banyak mengambil foto.

Hari semakin petang, rasanya kami masih ingin menyambangi pesona di setiap sudut Kota Cirebon-Kuningan. Namun dimasa pandemi seperti ini kami tetap harus menjaga imunitas agar selalu dalam keadaan fit, maka kami putuskan untuk mengakhiri perjalanan dengan sholat ashar di Mesjid Cipta Rasa dan lanjut kembali ke Jakarta.

Overall, perjalanan kali ini cukup menyenangkan. Hambatan yang kami temukan juga umumnya hanya sebatas pungli yang agak memaksa hingga membuat beberapa peserta risih. Namun perjalanan tetap aman dan terkendali.

Berikut adalah list peserta Trip Cirebon-Kuningan Part #16 beserta testimoninya :
1. Leo #26
2. Cisca #NM
3. Desi #12
4. Benjamin #14
5. Om Ari suami ka Endah #NM
6. Winda #33
7. Rere #10
8. Berlian #26
9. Tely #17
10. Eva #kubbu #22
11. Ian #RT17
12. Mustika #NM
13. Mifta #NM
14. Dika #26
15. Dede #26
16. Iman #5
17. Keukeu #33
18. Santi #NM
19. Biktra #KF
20. Joy Li #33
21. Ica (anaknya Joy Li)
22. Adryan #19
23. Musa #20
24. Dian #26
25. Endah #26
26. Akbar Usahid #NM
27. Vega #27
28. Erick #KL
29. Diana 26
30. Cacha #Kubbu

Testimoni

Dika Nova :
1. Bus : mewah, bersih, nyaman (ini serius)
2. Supir : berangkat bawa aman sampai masuk spbu sedikit mengagetkan bus it’s ok, saat pulang bawanya nyaman
3. CP : aktif dan gesit, management waktu ok banget
4. Destinasi : cuma telaga biru yang ok, 2 selanjutnya rasanya WAJIB di ganti (solusinya mungkin survei dlu x ya)
5. Tempat makan : “Tempat” ga banget , dalam gedung ada AC tapi pengap kaya di jakarta, kalo ada trip cirebon lagi rasanya lebih baik cari yang lesehan gitu, tmn2 BPJ gue rasa ga perlu tempat mewah, cari murah meriah aja tempat lesehan berkipaskan anginpun tak masalah (menurut gue)
6. Rasa makanan oke enak di lidah
Endah Marina : Trip nya oke, ontime pulaa dan seruu abis. Peserta trip nya juga gokil2, dari yang gak kenal jadi akrab. CP nya luar biasaa.. Ditunggu next trip nya Lagiii.. Telaga Biru nya oke bangettt, Gua Sunyaragi nya juga okee Kulinerannya apa lagi, enakk banget. Travelling dalam Pademi, masker jangan lupaa.
Editor: Febe Shinta
Tags
Show More

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *