Home / Blog / Air Terjun / Air Terjun Batang Kapas, Pesona baru wisata Riau

Air Terjun Batang Kapas, Pesona baru wisata Riau

Air Terjun Batang Kapas adalah salah satu air terjun tertinggi yang ada di indonesia yang lokasinya berada di Riau. Air Terjun Batang Kapas sendiri lokasinya berada di dataran tinggi Bukit Barisan kawasan Desa Lubuk Bigau kenegerian Pangkalan Kapas kecamatan Kampar Kiri Hulu kabupaten Kampar provinsi Riau.

Pesona Air Terjun Batang Kapas (foto:exploreriau.id)

Air Terjun Batang Kapas ini selain unik juga sangat menawan karena ketinggianya dan juga berada dikawasan perbukitan yang terjal menjadikanya terlihat sangat alami. Air Terjun Batang Kapas diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 150 meter, tak heran jika cipratan dan percikan airnya menjangkau cukup jauh.

foto:exploreriau.id

Bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Air Terjun Batang Kapas mereka tak hanya akan menikmati keindahan air terjun saja tetapi juga banyak dijumpai flora fauna yang ada disekitar kawasan ini. Meski lokasinya cukup jauh dan terpencil namun kini mulai banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan air terjun ini dan bila hari libur bahkan banyak wisatawan yang datang dari luar kota.

Pemandangan disekitar Air Terjun Batang Kapas (foto:Senuju.com)

Memang saat ini belum banyak petunjuk menuju Air Terjun Batang Kapas karena selain aksesnya yang sulit dan lokasinya terpencil juga karna jalan yang harus dilalui juga cukup sulit. Akses menuju Air Terjun Batang Kapas bisa ditempuh melalui Kota Pekanbaru kemudian dilanjutkan menuju Lipat Kain dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Jalur yang ditempuh menuju Air Terjun Batang Kapas (foto:riaudailyphoto)

Perjalanan dari Lipat Kain kemudian dilanjutkan ke arah Taluk Kuantan dan sebelum bertemu Jembatan kita ambil arah kanan menuju Simpang Rakit Gadang atau yang lebih dikenal dengan Simpang Gem. Perjalanan belum berhenti sampai disana karena kita harus melanjutkan perjalanan lagi  menuju Desa Gema. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam lebih perjalanan darat yang medanya cukup berat. Desa Lubuk Bigau adalah desa terakhir yang akan kita lewati dan juga desa terdekat dengan lokasi Air Terjun Batang Kapas.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Mau Liburan ke Sumatera Utara, Jangan Lupa kunjungi 10 tempat keren ini

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia dan beribukota di Medan. …