Home / Blog / Goa / Goa Kristal, Kupang. Sebongkah Keindahan Yang Terabaikan Di Perut Bumi

Goa Kristal, Kupang. Sebongkah Keindahan Yang Terabaikan Di Perut Bumi

Kalau Labuan Bajo memiliki Goa Rangko, Kupang punya Goa Kristal! Lalu, apasih yang ada dipikiranmu ketika mendengar kata Goa Kristal? Pasti tak lain dari bebatuan crystal yang mewah dan menawan. Tapi, sebenarnya Goa Kristal yang disematkan hanyalah sebuah kiasan yang menggambarkan adanya air dan batu kristal didalamnya yang membentuk seperti kolam renang.

Sumber Foto : superadventure.co.id

By the way, Goa Kristal ini adalah sebuah Goa yang memiliki luas kurang lebih 30 meter persegi. Istimewanya dari Goa ini adalah karna terdapat genangan air bak kolam renang pribadi yang begitu jernih hingga terlihat jelas dasarnya bagaikan batu kristal. Air yang ada didalam Goa ini juga memiliki rasa payau dan menyegarkan. Membuat siapapun yang menceburkan diri merasa seperti berada dalam genangan air es yang begitu terasa sensasinya. Fyi, Gua Kristal terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat,

Untuk menuju kesini kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil dari Kota Kupang. Kemudian memulai perjalanan dari arah Kota Kupang menuju pelabuhan bolok karena lokasi sangat berdekatan dengan Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok. Sesampainya di sana kamu bisa menaruh kendaraanmu di dekat Pos Polisi Air Bolok lalu berjalan kaki kira-kira 500 meter untuk sampai ke bibir gua.

By the way, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada siang hari atau pukul 11.00 WITA. Karena sinar matahari yang menerobos celah-celah goa membuat pemandangan yang jarang terlihat. Dan saya sarankan, kamu membawa senter ya karena tidak banyak cahaya masuk dan jalan cukup menurun dan licin.

Untuk mengunjungi Goa Kristal ini, kamu juga tak akan dikenakan biaya masuk apapun. Namun, jika kamu ingin menggunakan jasa pemandu, kamu bisa membayar seikhlasnya. Ohiya, tidak ada fasilitas apapun disini. Jadi, usahakan membawa perbekalan yang cukup saat berkunjung.

Sumber foto : Galeri Indonesia Kaya

Nah, buat kamu yang penasaran dengan wisata Kota Kupang, kamu bisa menambahkan Goa Kristal ini kedalam daftar tujuanmu ketika berlibur ke Kupang. Selamat berkunjung !

Referensi : https://www.indonesiakaya.com/

About Rizky Amalia

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting & Tax yang tersasar dijalur sastra dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air sebelum menikah. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia. Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta.

Check Also

Sensasi Freediving di Goa Moko, Bau Bau

Goa Moko adalah salah satu Goa yang masih alami dengan sensasi freediving yang luar biasa indah.