Tips Travelling

6 Tips Aman Solo Trip bagi Wanita

Seorang wanita berpetualang sendirian? Why not?!

Bagi kalian yang senang wara-wiri sendirian jangan khawatir, Sist! Pasti petualangan kalian akan tetap aman dan nyaman asalkan semuanya dipersiapkan dengan baik. Berikut ini beberapa tips untuk kalian para wanita yang gemar ber-solo trip. Yuk kita intip!

Kawah Sileri dieng

foto: doc backpackerjakarta

Solo Travelling sendirian tak kalah seru, lho!

1. Bepergian di Siang Hari
Peristiwa kurang menyenangkan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tetapi di hari yang sudah malam dan gelap, potensi terjadinya hal-hal yang kurang menyenangkan bisa jadi bertambah. Persiapkan waktu jalan-jalan di siang hari. Ini juga mencegah kalian kebingungan atau tersesat apabila sedang di daerah yang belum familiar ketika hari sudah gelap.

2. Jangan Terlihat Seperti Turis
Mengunjungi tempat yang baru terkadang membuat kita linglung. Tapi usahakan jangan sampai menampakkan kebingungan kalian ya, Sist! Jika tersesat, bertanyalah dengan tenang tanpa panik.

3. Manfaatkan Teknologi
Di jaman serba canggih sekarang ini, gadget amat membantu para traveller ataupun backpacker. Baiknya, manfaatkan gadget kalian untuk mencari referensi tempat makan dan menginap yang asyik, sampai mencari lokasi wisata yang aman untuk di jelajahi sendirian. Selain itu melihat referensi harga pun bisa jadi salah satu siasat agar kalian tidak dikecoh oleh penjual ketika membeli oleh-oleh.

4. Mengetahui Batasan Diri
Ketika bepergian sendiri, wajib sekali kalian sadar akan batasan diri. Jika fisik kalian tidak kuat menjelajah seharian atau kalian mempunyai riwayat sakit tertentu sebaiknya tidak memaksakan diri untuk tetap melakukan perjalanan. Karena dikhawatirkan kalian rentan menjadi sasaran kriminal dalam kondisi yang kurang fit tersebut.

6. Foto Dokumen Penting
Ketika berjalan sendirian, memotret dokumen penting seperti KTP, Passport dan lain-lain bisa menjadi tips untuk berjaga-jaga apabila kalian kehilangan tas di perjalanan. Unggahlah foto tersebut ke situs berbagi dokumen seperti Google Drive atau Dropbox agar bisa diakses kapan saja.

7. Menyimpan Kontak Bantuan
Tips lain yang bisa kalian lakukan adalah menyimpan nomor kontak bantuan terkait kota atau negara yang akan kalian kunjungi. Misalnya, kontak Kedutaan Indonesia jika kalian akan pergi ke luar negeri, kontak pusat informasi wisata jika kalian ingin menjelajah salah satu lokasi wisata alam yang luas. Siapkan juga kontak dan alamat teman atau keluarga yang tinggal terdekat dengan kota tujuan yang akan kalian datangi.

Semoga bermanfaat. Happy travelling! :)

Source: detik.com

Tags

Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close