Alam & TamanCity Tour & LandmarkSeni & Budaya

Wow !! Ini Dia Air Mancur Menari, Taman Sri Baduga Purwakarta

Warna warni air mancur

Sahabat, pernah liat air mancur kan?? Kesan pancuran air mancur memang menyejukkan mata. Nah, gimana kalo air mancur ini tak sekedar memberikan kesejukan tapi juga bisa menghiburmu ??!! Percaya nggak percaya Indonesia punya satu air mancur terbesar yang nggak kalah menariknya dengan Wings of Time yang berada di luar negeri lhoh !! Yapp, air mancur tersebut diberi nama Taman air Mancur Sri Baduga, yang beberapa tahun terakhir berhasil menjadi sorotan publik.

Taman air Sri Baduga secara administratif terletak di kawasan Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya tergolong sangat strategis, sebab tak begitu jauh dari stasiun Purwakarta sendiri. Bahkan sangat bisa kamu tempuh hanya dengan berjalan kaki setelah kamu keluar dari stasiun. Dengan mengitari jalanan sekitaran Situ Buleud akan tampak gapura pintu masuk ke taman, ditandai dengan beberapa patung sebagai icon yang menarik mata pengunjungnya. Seperti patung badak dan tulisan air mancur sri baduga di dekat pintu gerbang masuk air mancur yang menjadi incaran asik para penggila selfie.

Penataan Lighting yang menarik

Setelah mengalami penyempurnaan ditandai dengan adanya peresmian renovasi tahap ketiga beberapa waktu yang lalu, Taman air ini semakin menjadi lokasi perburuan untuk menikmati akhir pekan yang seru. Dilahan sekitar 3 hektar, waterfountain yang dulunya bernama situ buleud ini berbentuk melingkar seperti namanya ‘buleud’ yang bisa diartikan bulat. Konsep air mancur yang didesain sangat menarik dengan perpaduan cahaya warna warni lampu laser, nosel dan cahaya pelangi. Dibalut dengan cahaya-cahaya tadi, air-air mulai menari dengan gemulainya menyesuaikan dengan ritme alunan musik yang diputar. Bayangkan saja, air mancur tersebut bisa dengan elegannya menari-nari dengan iring-iringan musik slow melow bahkan genre musik reggae.

Biasanya, dalam satu pertunjukan air mancur menghadirkan sekitar 5 buah lagu seperti lagu-lagu nasional, lagu sunda seperti ngahiang yang menceritakan gugurnya Prabu Siliwangi yang menjadi icon patung taman air Sri Baduga sendiri. Dengan durasi antara 20-30menit kamu bisa menyaksikan pertunjukan air yang atraktif menari-nari mengikuti irama lagu dipadu dengan beberapa animasi aqua screen. Dijamin kamu akan merinding dan larut dalam setiap pergerakan iramanya. Semburan air mancur dengan lighting yang sempurna juga akan membuat kamu terkejut, ditambah dengan beberapa semburan kembang api yang tiba-tiba muncul ditengah-tengah danau di dekat patung Sri Baduga.

Air mancur menari mengikuti irama musik

Nah, menariknya lagi untuk bisa menikmati pertunjukan ini kamu tak perlu repot-repot merogoh kantong untuk membeli tiket. Sebab, pertunjukan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Dengan 3 kali waktu pemutaran mulai dari jam 19.30 WIB, 21.00WIB dan 21.30 WIB pada hari setiap hari Sabtu malam. Tak perlu khawatir lelah ketika menonton, karena setelah mengalami penyempurnaan dan dibuka kembali, taman air ini sudah dilengkapi dengan tempat duduk melingkar mengikuti bentuk dari danau bulat tersebut. Dimana, kursi tersebut mampu menampung sekitar 5.000 orang sekaligus.

Patung Sri Baduga (prabu siliwangi)

Yakin masih mau jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menikmati wisata yang serupa ?? Owh ya, ngomong-ngomong Air Mancur Sri Baduga ini disindikat menjadi Ai Mancur terbesar di Asia Tenggara lhoh, keren banget kan !! Bahkan, nantinya disamping taman ini akan dibangun Taman Pendidikan Anak Surawisesa, sehingga akan menjadi taman yang benar-benar kompleks. Disekitaran situ buleud ini kamu bisa menikmati aneka kuliner malam dan kampung sate maranggi. Selain itu alternatif taman-taman seperti maya datar, pancawarna dan taman di sekitarnya sangat menarik juga untuk dikunjungi.Yuk, berbangga hati dengan kekayaan dan keanekaragaman pesona bangsa sendiri ya sahabat.

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *