Air TerjunAlam & TamanPantai

Wisata Di Bireuen Yang Wajib Masuk Dalam List

Bireuen Ibukota Yang Terlupakan

Wisata di Bireuen Aceh seakan tak pernah lekang oleh waktu. Indonesia sudah melekat negara yang mempunyai sejarah dan pemandangan alamnya yang sangat indah. Nah kali ini saya akan mengajak kamu untuk mengetahui sejarah serta tempat wisata yang tidak kalah keren dari tempat wisata lainnya, yaitu Bireuen. Ya, Bireuen, sudah ada yang tahu tentang tempat itu ?

Jika sudah mengetahui tentang sejarah dan tempat wisata di Bireuen, izinkan saya memberitahu kamu, iya kamu…. Yang belum tahu tentang sejarah penting serta tempat wisata daerah Bireuen.

Bireuen Ibukota yang Terlupakan

Bireuen Ibukota yang Terlupakan
Bireuen Ibukota yang Terlupakan, sumber : steemit.com/razwanabila26

Bireuen terletak di pesisir Utara Provinsi Aceh, Bireuen yang dikenal sebagai kota juang pernah menjadi Ibukota ketiga negara Indonesia selama 1 minggu setelah Yogyakarta tahun 1948. Nama kabupaten Bireuen juga mempunyai arti tersendiri, Bireuen diberi nama oleh orang Arab yang pada waktu itu Belanda masih berada Aceh. Oleh sebab itu, jangan heran kenapa nama Bireuen berasal dari bahasa Arab “Birrun” yang artinya kebajikan. Wih keren kan namanya.

Nah setelah membaca sepintas tentang Bireuen sudah tau dong sejarah singkat dari Bireuen ? Indonesia memang selalu mempunyai cerita tersendiri, dari setiap pelosok daerah yang ada di Negeri tercinta ini.

  • Wisata Alam di Bireuen Aceh

Setelah mengetahui sejarah dari kabupaten Bireuen saatnya kita mencari tahu tempat wisata di kota Bireuen. Berikut adalah objek wisata di Bireuen yang harus kamu kunjungi,

1. Air Terjun Ie Rhop
Air Terjun Ie Rhop
Air Terjun Ie Rhop, Sumber instagram (@skin_tajam)

Nih cocok buat kamu yang suka travelling terus mau main air yang sejuk dan dingin di Air Terjun Ie rhop atau yang dikenal sebagai air terjun bertingkat.

Lokasinya ada di Desa Ie Rhop, Samalanga, Kabupaten Bireuen. Kalau kamu ingin ke berwisata kesana saya sarankan untuk bawa baju ganti sendiri ya, jangan pernah pake baju ganti orang lain hehe. Untuk mencapai ke air terjun bertingkat atau Ie Rhop kalian harus tracking kurang lebih 2 jam melewati hutan.

2. Air Terjun Piramida
Air Terjun Piramida
Air Terjun Piramida, Sumber google maps

Masih seputar Air Terjun nih yang ada di Kabupaten Bireuen,  lokasinya masih di Samalanga, yaitu terletak di desa Alue barat, Samalanga, Kabupaten Bireuen. Terlihat dari bentuk Air Terjunnya sangat tepat sekali disebut sebagai Air Terjun Piramida.

3. Batee Iliek
Batee Iliek
Batee Iliek, Sumber headerimaging.blogspot.com

Nah kalau ingin mencoba tempat wisata di kota Bireuen selain Air Terjun bisa nih kamu ke Batee Iliek, menikmati aliran air yang tidak terlalu deras dan jernih, sambil duduk santai di pinggir batu dan menikmati secangkir kopi.

Lokasi Batee Iliek terletak di sebelah barat kabupaten Bireuen, hmm jaraknya berkisar 44 km dari Bireuen. Karena tempat wisata Batee Iliek sudah banyak di ketahui oleh penduduk Aceh, dan juga domestik pastinya jika kamu mengunjungi Batee Iliek di hari sabtu- minggu dan hari libur besar lainnya tentu akan banyak sekali wisatawan yang ingin menikmati keindahan serta kesejukan air sungai di Batee Iliek.

4. Pantai Peuneulet Baroh
Pantai Peuneulet Baroh
Pantai Peuneulet Baroh, Sumber wisatadirektori.com

Pantai yang terindah di Kabupaten Bireuen dengan air lautnya yang jernih dan biru, belum tersentuh oleh tangan-tangan nakal. Pantai Peuneulet Baroh wajib kamu kunjungi jika berada di Aceh nih.

Lokasinya terletak di Kecamatan Simpang Mamplam, jika dari pusat kota Kabupaten Bireuen sekitar 38 kilometer untuk menuju ke Pantai Peuneulet Baroh, tapi tenang semua terbayarkan kok dengan keindahan alam yang ada di wisata daerah Bireuen, Pantai Peuneulet Baroh.

5. Pantai Kuala Raja
Pantai Kuala Raja
Pantai Kuala Raja, Sumber steemit.com/@nyakmun

Selain itu ada juga nih pantai yang letaknya tidak terlalu jauh di Kota Bireuen. Hanya berjarak kurang lebih 5 kilometer dari Peuneulet Baroh lebih tepatnya di Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh.

  • Wisata Kuliner di Bireuen

Wisata Kuliner Di Bireuen
Wisata Kuliner Di Bireuen

Sehabis menikmati keindahan alam dan tempat wisata di Kota Bireuen saatnya  mencari apa saja wisata kuliner Bireuen yang patut dicoba nih.

  1. Mie Kocok
  2. Bakso Gatok Kutablang
  3. Rujak Manis Kutablang
  4. Sate Matang
  5. Mie Pangsit

Wah sangat mengunggah selera ya makanan di Bireuen ini. Sepertinya Backpacker Jakarta harus mengadakan trip kesini deh. Ngomong-ngomong, sekian dulu ya artikel tentang Kabupaten Bireuen, yang terkenal sebagai Kota Juang nih. Salam hangat dan jangan lupa salam tempel hehe.

Tags

Marshalnazarth

Menyukai segala keindahan yang ada dialam Indonesia dengan segenap hati dan raga, ada pepatah yang berkata "Tak kenal maka tak sayang, sudah kenal malah makin sayang" jika bertemu denganku sapalah aku, ajak nongkrong dan jangan lupa traktir kita berkenalan lebih akrab lagi. IG:@marshalnazarth

Related Articles

1 thought on “Wisata Di Bireuen Yang Wajib Masuk Dalam List”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close