BlogPantai

Surga di Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Pantai Lampuuk merupakan salah satu primadona wisata Aceh Besar sebelum terjadi tsunami tahun 2004. Pantai ini selalu ramai dengan pengunjung dari Banda Aceh, Melaboh, atau daerah-daerah lainnya. Dengan pasir putih dan pepohonan pinus yang rindang, tempat ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas kepenatan. Saat terjadinya tsunami, pantai yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Banda Aceh ini termasuk yang mengalami kerusakan cukup parah. Hotel-hotel yang berada di tepi pantai dan pemukiman penduduk di sekitarnya hancur dihempas gelombang besar. Lebih dari separuh penduduk Lampuuk meninggal dalam bencana tersebut. Trauma terhadap ancaman tsunami membuat masyarakat enggan untuk datang ke pantai ini, selain karena banyaknya pohon pinus yang tumbang dan puing-puing sisa tsunami. Hal ini sempat membuat pantai ini tertutup untuk aktivitas pariwisata.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Kontrasnya warna biru langit dengan gumpalan awan putih dilapisi warna hijau pohon pinus yang berbaris rapi dibibir pantai dengan pasir putih bersih tanpa sampah membuat wisatawan kagum pada lukisan Tuhan tersebut. Air laut terjauh tampak berwarna biru tua, berangsur menjadi warna hijau tosca pada kedalaman pantai yang lebih dangkal. Kemudian warna air menjadi jernih dan putih menjadi buih ketika ombak pecah menyentuh bibir pantai yang juga berpasir putih. Pantai Lampuuk pernah disebut sebagai ’’Kuta’’-nya Aceh. Posisi pantainya memanjang dari utara ke selatan. Di ujung pantai, ada juga sebuah tebing karang. Tebing kerap dijadikan sebagai arena pemanjatan oleh komunitas pencinta alam. Selain itu, pantai tersebut bisa dipakai sebagai arena berselancar sembari memacu adrenalin. Sebab, ombak pantai itu tergolong besar dan bersahabat untuk surfing. Di pantai tersebut, para wisatawan dapat berenang, berjemur, berlayar, berselancar, serta memancing dan menyelam.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Di kawasan pantai, terdapat padang golf Seulawah yang berlatar belakang panorama laut. Pada sore hari, pantai itu terlihat lebih indah dan penuh pesona. Pengunjung bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam sehingga memberi suatu kenikmatan tidak terlupakan.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Di sana, wisatawan bisa sesaat melepas penat dari hiruk-pikuk suasana kota yang bising. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berjemur, berselancar, berenang dan juga bermain banana boat. Selain itu juga ada kegiatan unik lainnya yang dapat kita lakukan yaitu pelepasan hewan lindung yaitu penyu. Karena di pantai ini juga ada tempat penangkaran penyu yang dapat Anda kunjungi disana.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Pantai Lampuuk di Aceh Besar memang termasuk unik dan tidak biasa. Selain punya muara, terdapat juga sebuah penginapan yang dibuat di pingggir tebing batu nan tinggi. Usut punya usut, tragedi Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 lalu sempat meluluhlantakkan Pantai Lampuuk dan penginapan di sekitarnya. Oleh sebab itu, beberapa penginapan dibuat tinggi di atas tebing batu untuk menghindari kejadian serupa di masa depan.

Mari kunjungi Pantai Lampuuk Aceh :)

Tags
Show More

Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Related Articles

2 thoughts on “Surga di Pantai Lampuuk, Aceh Besar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *