Home / Blog / Museum & Sejarah / Wajib Tahu! Ini Dia 10 Museum Terbaik di Indonesia

Wajib Tahu! Ini Dia 10 Museum Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai macam budaya yang sangat banyak selain itu Indonesia juga memiliki keindahan alam yang sangat melimpah, maka dari itu Indonesia menjadi salah negara yang paling potensial dalam hal wisata, namun selain itu di Indonesia juga memiliki berbagai macam museum yang sangat terkenal di indonesia, mulai dari museum sejarah sampai museum geologi semua nya ada d indonesia.

Sebuah museum selalu menyajikan sesuatu untuk kita pelajari baik itu berupa peninggalan sejarah, maupun seni dan budaya suatu daerah. Suatu daerah biasanya akan menggambarkan dirinya atau identitasnya lewat museum daerah yang ada.

Berikut 10 museum terbaik dan paling menarik di Indonesia yang wajib untuk di kunjungi :

Museum Angkut – Batu

Museum Angkut dikenal dengan koleksi transportasinya baik di Indonesia maupun dunia. Berbagai macam jenis transportasi bisa kamu temui di sini, mulai dari sepeda, mobil, kapal hingga pesawat. Museum Angkut ini dicap sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di seluruh Asia Tenggara. Karena bagusnya, kamu harus siap-siap dengan antriannya yang panjang saat mengunjungi museum ini.

villahotelbatu

Sumber : villahotelbatu

Museum Nasional Indonesia – Jakarta

Museum yang satu ini terletak di pusat ibu kota indonesia yaitu jakarta, jakarta memang di kenal memiliki banyak museum dan museum nasional indonesia merupakan salah satu nya, museum yang di klaim sebagai salah satu museum yang terbesar di asia tenggara ini juga di kenal sebagai museum gajah, jika anda sedang berkunjung ke jakarta maka museum yang satu ini bisa menjadi salah satu museum yang bisa anda kunjungi

Museum Ullen Sentalu – Yogyakarta

Ullen sentalu merupakan sebuah museum yang masuk kedalam salah satu museum terbaik yag ada di Indonesia. Museum ini terletak di daerah Jogjakarta. Jika anda ingin mengenal Jogja dengan lebih dekat, maka sangat di rekomendasikan bagi anda untuk mengunjungi museum ini. Di museum ini anda akan belajar banyak hal, mulai dari adat istiadat Jawa, hingga sejarah Jogjakarta. Bila anda mengunjungi museum ini, ada satu pantangan yang tak boleh anda langgar, yaitu dilarang memotret. Sehingga anda tidak di perkenankan untuk mengambil gambar di dalam museum ini.

Museum Tsunami Aceh – Banda Aceh

Ini merupakan museum simbolis yang dibuat sebagai rasa hormat atas kejadian bencana gempa bumi dan tsunami pada tahun 2004 lalu. Museum ini sekaligus menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat jika terjadi bencana serupa lagi. Dirancang oleh Ridwan Kamil, bangunan ini memiliki ruangan yang ditujukan pada korban tsunami dengan memajang nama mereka di seluruh dinding.

klikkabar

Sumber : klikkabar

Museum Geologi – Bandung

Museum yang satu ini terletak di kota bandung, jika anda sangat menyukai sejarah tentang hewan-hewan purba maka museum yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk anda, karena di museum ini anda bisa melihat berbagai macam peninggalan hewan purba, jika anda sedang berkunjung ke kota bandung maka tidak ada salah nya jika anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Museum Seni Agung Rai – Bali

Museum seni agung rai terletak di daerah Ubud, Bali. Museum ini memiliki berbagai macam jenis budaya yang berasal dari Bali dan dari masa ke masa. Jika anda berkunjung di museum ini, maka anda akan di sajikan dengan keanekaragaman budaya Bali yang sangat mempesona, tempat ini tak hanya berfungsi sebagai museum, tetapi juga berfungsi sebagai pusat pertunjukan berbagai budaya Bali.

Museum Batik Danar Hadi – Solo

Museum Batik Danar Hadi atau disebut juga House of Danar Hadi (HDH) didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi pada tahun 2008 dan mengkhususkan Batik beserta aspek-aspek budayanya sebagai obyek wisata utamanya. Galeri museum ini menyimpan koleksi kain batik dengan koleksi mencapai 10,000 helai dan diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak. Kain batik yang dipajang di museum ini berasal dari periode dan pengaruh kultur serta jaman yang berbeda-beda.

Museum House of Sampoerna – Surabaya

Sebuah museum dengan bangunan yang bergaya kolonial Belanda dengan 4 pilar besar berada di depan gedung utama. Bangunan yang dibangun sekitar tahun 1862 ini awalnya digunakan sebagai panti asuhan sebelum dibeli oleh Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna pada tahun 1932. Museum ini secara umum akan menyajikan perjalanan hidup keluarga Sampoerna dan sejarah dari perusahaan. Museum ini memberikan penjelasan lengkap tentang proses produksi rokok yang juga bisa langsung dilihat ketika para pekerja wanita melinting rokok di hari kerja.

kotawisataindonesia

Sumber : kotawisataindonesia

Museum Bank Indonesia – Jakarta

Tempat ini menjadi salah satu museum terbaik yang ada di Indonesia dan disini kita bisa belajar tentang sejarah keuangan bangsa Indonesia jaman dahulu. Didalam nya terdapat banyak ruangan yang menjadi pemisah Antara jaman sekarang dan mas lalu. Disini juga banyak berbagai alat yang bisa kita gunakan untuk belajar dan permainan yang sangat mendidik buat anak-anak kita.

Museum Rahmat International Wildlife Museum & Gallery – Medan

Museum ini merupakan sebuah tempat wisata yang sangat menarik dan unik di Kota Medan, Sumatera Utara. Museum dan galeri ini menyimpan beragam koleksi mengagumkan terdiri dari berbagai binatang liar diawetkan yang berasal dari tempat berburu di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Sekitar 2000 lebih binatang, besar dan kecil, ditata dengan amat artistik dan elegan sesuai dengan habitat mereka di dalam ruangan-ruangan berpendingin penuh di dalam gedung Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Lokasi museum yang langka ini berada di sebuah gedung di Jl. S. Parman 309, Kota Medan, Sumatera Utara.

rahmatgallery

Sumber : rahmatgalery

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Hauwke’s Auto Gallery, Museum Mobil Jadul yang lagi hits di jakarta

Hauwke’s Auto Gallery adalah sebuah Tempat yang menyimpan berbagai koleksi Mobil-mobil Jadul alias mobil antik …