BlogDanau & SungaiGoaUncategorized

Waikelo Sawah, Bendungan Indah Nan Jernih di Sumba (NTT)

Indonesia oh Indonesia, negara dengan segala keanekaragaman yang luar biasa di dunia, negara dengan potensi kebudayaan dan keindahan wisata yang luar biasa di dunia dan negara yang dikenal dengan keramahtamahan warganya yang luar biasa di dunia.

Taukah kalian? Jika sebagai warga Indonesia sudah tugas kita untuk lebih mengenal keanekaragaman dan potensi kebudayaan juga keindahan negara kita Indonesia, agar selanjutnya kita bisa dengan bangga memperkenalkan Indonesia seutuhnya pada dunia.

Yuk travelers, kita mulai lebih mengenali Indonesia! Kita mulai dari Indonesia bagian mana ya? Lanjut destinasi mana dulu nih yang bakal kita cari tahu, telusuri dan bakal kita kupas lebih dalam kali ini? Penasaran?

Yaps, kali ini bahas Sumba yang merupakan sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara.

Pulau ini terdiri dari Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Di Sumba banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan sudah hits di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Seperti halnya Weekuri Lagoon, Desa Adat Ratenggaro, Bawana Beach, Waimarang Waterfall, Tanggedu Waterfall, Matayangu Waterfall, Megalithic Tombs, Koalat Waterfall (Maidang Village), Watu Parunu Beach, Walakiri Mangrove Beach, Kanabu Wai Waterfall, Wairinding Hill, Sumba Cultural Research and Conservation Institute, Pasola Festival dan masih banyak yang lainnya.

Namun kali ini, destinasi lain yang akan dikupas memang belum terlalu dikenal di kalangan wisatawan lokal tetapi bagi wisatawan mancanegara ini merupakan salah satu destinasi hits dan wajib dikunjungi saat berada di Sumba, NTT. Destinasi di maksud yakni Waikelo Sawah yang berada di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Waikelo Sawah-Sumba (NTT)-indonesia.tripcanvas.co

Waikelo Sawah dulunya adalah bendungan yang dirancang oleh Camat Lele Umbu Zogara untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik pada tahun 1976. Kala itu, pengadaan pembangkit listrik inipun menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Sumba. (Referensi: www.indonesiakaya.com).

Waikelo Sawah berguna untuk mengairi persawahan beberapa desa diantaranya Desa Tema Tana, Kalembu Ndara Mane, Mareda Kalada, Pada Eweta, Wee Rame, Dikira dan Desa Tanggaba. Aliran debit airnya cukup deras yakni, diperkirakan mencapai 1000 liter/ detiknya (berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya).

Tak hanya berfungsi sebagai PLTA, kini keberadaan Waikelo Sawah ini juga malah dijadikan destinasi wisata sebagai tempat melepas penat hanya untuk sekedar menikmati suasana teduh diantara rimbunnya pepohonan di sekitar bendungan. Letaknya yang berada di atas bukit menjadikan siapapun betah berada di sana. Namun, ada peringatan untuk tidak berenang karena arus airnya memang cukup deras.

Bendungan indah nan jernih ini pun lebih mirip gua alami selebar 4m dengan ketinggian sekitar 3m. Sebuah gua dengan panorama hutan hijau dan pintu masuk batu yang indah serta lebih terlihat seperti desain arsitektur alam terbaik. Maka tak heran, bendungan ini menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi saat musim kemarau yakni Februari hingga Maret.

So, buat teman- teman yang tertarik ke Sumba harus mampir juga ke Waikelo Sawah, Bendungan Indah Nan Jernih di Sumba (NTT) ya karena INDONESIA itu ISTIMEWA!

Salam HITS, see next trip! :D (FYn).

Created by : Fitri Yuhana (@fittriyuhanna), 21 April 2018 (02.34 WIB)
Tags

Fitri Yuhana

Mojang Bandung yang hobi melangkahkan kaki ke segala penjuru arah mata angin dan memiliki banyak hobi lain yakni, bercerita, berteman dengan anak-anak, menulis, meliput dan memotret. #langkahkakiFYn

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close