Editor PicksVideo

VIDEO Basic Mountaineering Course Backpacker Jakarta 2017

Untuk pertama kalinya Komunitas Backpacker Jakarta mengadakan event yang bertajuk “Basic Mountaineering Course” atau Pelatihan Dasar Pendakian Gunung. Acara yang diikuti oleh 100 peserta ini berlangsung pada tanggal 11 dan 12 November 2017 di dua lokasi yang berbeda yaitu Kampung Cikoneng dan area orientasi medan di Gunung Luhur di Cisarua Bogor – Jawa Barat.

Tidak hanya orang dewasa yang mengikuti kegiatan ini ada pula 2 anak pasangan Suhir dari Klub Weekday Holiday Backpacker Jakarta dan Gita yang bernama Azka (8 tahun) dan Adli (6 tahun) yang turut serta mengikuti kegiatan ini bersama dengan kedua orangtuanya serta Kevin (12 tahun) yang sudah punya jam terbang mendaki dibeberapa gunung bersama teman-teman dari Backpacker Jakarta #13

Berkumpul di Sekretariat Backpacker Jakarta pada sabtu dini hari seluruh peserta berangkat ke lokasi acara dengan menggunakan Tronton yang sudah disiapkan oleh panitia kegiatan. Pukul 03.30 Wib seluruh peserta tiba dilokasi Kampung Cikoneng yang berada di tengah Perkebunan Teh milik PT. Sumber Sari Bumi Pakuan.

Pada pukul 06.00 peserta memulai aktifitas hari pertama dengan senam pagi dilanjutkan dengan sarapan. Tepat pukul 08.30 acara Basic Mountaineering Course dibuka secara resmi oleh Merulla selaku Ketua Pelaksana kegiatan tersebut.

“Kosongkanlah cangkir yang kalian miliki, serap ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber berpengalaman dibidangnya yang telah kami hadirkan untuk kalian. Jangan malu untuk bertanya dan manfaatkanlah kegiatan ini untuk mendapatkan ilmu yang akan kalian terapkan pada saat kalian melakukan pendakian suatu hari nanti” ungkap Merul saat memberikan sambutannya.

Acara selanjutnya peserta diberikan teori dasar tentang hal-hal yang wajib diketahui untuk pendaki gunung, materi pembekalan meliputi: Standar peralatan pendakian untuk personal ataupun grup yang disampaikan oleh Virgo Dirgantara yang berprofesi sebagai Mountain Guide di Consina Outdoor Service. Virgo memaparkan apa saja peralatan pendakian yang sesuai standar guna menunjang keselamatan saat melakukan pendakian.

Selengkapnya liputanya bisa dilihat disini  Basic Mountaineering Course Backpacker Jakarta 2017

Materi kedua mengenai Pertolongan Pertama Gawat Darurat yang disampaikan oleh Agus Setiawan selaku Kepala Bidang Tanggap Bencana dan Logistik Bulan sabit Merah Indonesia Kota Depok. Agus memberikan pemahaman PPGD bagi para penggiat kegiatan alam terbuka mengenai insiden yang umum terjadi pada aktifitas alam terbuka seperti kram otot, hypothermia, dan tahapan Resusitasi Jantung Paru atau RJP

Yuk simak langsung Videonya :

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close