PantaiPulau

Unjuk Keberanian di Jembatan Pulau Kalong, Gunung Kidul

Hampir serupa dengan Pantai Timang, kali ini si Kota Gudeg Yogyakarta kembali menawarkan wisata yang lain daripada tempat wisata biasanya. Dengan mengandalkan sebuah pulau di seberang yang dihubungkan dengan jembatan, wisata kali ini cocok untuk menguji keberanian kamu bermain di perairan pantai Gunung Kidul.

Pulau Kalong terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisata yang hits di medsos belakangan ini menjadi incaran para travelgram. Satu lokasi dengan Pantai Sinden yang dikenal dengan tebing karangnya, Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Pantai Sinden sendiri diapit oleh bentangan antara Pantai Sedahan dengan Pantai Greweng. Untuk menuju Pulau Kalong tersebut, tentu kamu harus menyiapkan fisik dan keberanian yang tinggi. Sebab jembatan  dengan panjang sekitar 30 meter dari Pantai Sinden menuju Pulau Kalong hanya terbuat dari tali dengan alas papan kayu semata.

Penamaan Pulau Kalong sendiri menurut masyarakat setempat karena dahulu terdapat banyak sekali kalong/ kelelawar yang menghuni pulau tersebut. Pemandangan Pulau Kalong yang eksotis dan menawan berupa pohon rindang dan rerumputan yang hijau yang menjadi keunikan dan karakteristik dataran Gunung Kidul. Dari Pulau Kalong ini, kita bisa menyaksikan gelegar ombak besar yang menghantam sisi tebing pulau. Panorama hamparan laut lepas menembus cakrawala bisa kita nikmati dari Pulau mungil ini.

Ombak yang jernih bergradasi biru siap memanjakanmu ketika menyeberangi jembatan ekstrem tadi. Dengan berpegangan kuat pada tali dan melangkahkan kaki pada papan-papan kayu, disinilah adrenalin kamu akan diuji. Udara segar bersama angin sepoi juga bakalan bikin kamu hanyut dalam suasana yang beda. Untuk menuju ke Pulau Kalong tersebut kamu dikenakan biaya Rp. 25.000,- pada  saat weekend. Selain jembatan gantung, kita bisa menjumpai sebuah gondola yang dulu digunakan para nelayan utuk menangkap ikan dan lobster. Di pantai Pulo Kalong inilah surganya lobster di Gunung Kidul.

 

Sumber referensi dan dokumentasi foto: www.asmarainjogja.id

 

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *