KulinerOleh Oleh Nusantara

Menu Buka Puasa Yang Paling dinanti di Bulan Ramadhan

Jajanan buka puasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat Muslim setiap tahunnnya, karena di bulan ini kita akan mendapatkan banyak keutamaan dan kemuliaan. Dimana seluruh umat Muslim wajib untuk menjalankan ibadah puasa. Naah biasanya yang selalu dikangenin dari bulan Ramadhan yakni menu buka puasanya. Hayoo, pasti kamu juga tidak sabar menanti-nanti kudapan lezat saat berbuka puasa.

Ada banyak sekali menu buka puasa yang amat menggugah selera. Kamu bisa mendapatkannya secara mudah di penjual pinggir jalan atau masak sendiri di rumah. Berikut daftar menu buka puasa yang pasti sudah kamu tunggu-tunggu kehadirannya!

Kolak Pisang

Kolak pisang adalah makanan khas Ramadhan yang wajib dihidangkan saat buka puasa. Kudapan ini memiliki cita rasa yang khas karena rasa manisnya yang berasal dari gula merah. Rasa manis ini terasa seimbang dengan gurihnya santan kelapa dan sedikit asam dari buah pisang. Kolak ini akan terasa lebih mantap bila ditambahi kolang-kaling, ubi kayu, dan juga mutiara warna-warni. Sedap!

Sumber foto by merdeka.com

Kurma

Tidak bisa dipungkiri bahwa kurma adalah buah favorit untuk disantap saat berbuka puasa. Selain memiliki kandungan kalori dan gula yang mampu mengembalikan stamina tubuh dengan cepat, kurma juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh.

Sumber foto by lagizi.com

Sop Buah

Sop buah merupakan menu takjil favorit masyarakat di Indonesia. Sop buah dibuat dari campuran beberapa buah seperti Melon, Pepaya, Semangka, Kiwi, Alpukat, Buah Naga dan Jeruk. Cara pembuatannya pun sederhana. Yaitu siapkan buah-buahan sesuai selera, air, susu kental manis, dan sirop rasa stroberi. Lalu campurkan buah-buahan yang telah dipotong ke dalam susu, sirop dan air. Sop buah siap disantap!

Sumber foto by merdeka.com

Es Pisang Ijo

Selain itu terdapat juga varian es lain yang tidak kalah enak untuk berbuka puasa. Apalagi kalau bukan es pisang ijo. Kuliner asal Makasar ini memang memiliki cita rasa yang lezat, unik, dan juga ngangenin. Meski sama-sama menggunakan bahan pisang dan santan, namun kudapan yang satu ini memiliki ciri khas pisang Raja yang dibalut dengan tepung beras dan tepung terigu yang diberi pewarna hijau pandan yang khas. Jangan lupa menambahkan vla di atas hidangan untuk menambah kenikmatan.

Sumber foto by vidio.com

Aneka Gorengan

Agaknya gorengan adalah makanan berbuka puasa yang paling favorit oleh hampir semua orang Indonesia. Aneka jenis gorengan seperti Bakwan Jagung, Pisang Goreng, Tempe Mendoan, hingga Tahu Isi yang renyah dianggap sempurna untuk mengembalikan selera makan setelah berpuasa seharian. Apalagi bila gorengan ini disantap dengan teh manis hangat bersama keluarga. Duh nikmatnya…

Sumber foto by akbrod.wordpress.com

Kue Basah Jajanan Pasar

Aneka jajanan tradisional seperti kue-kue basah juga amat diminati oleh orang Indonesia. Kalau biasanya kamu harus pagi-pagi ke pasar untuk membeli kue-kue ini, di bulan Ramadhan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah saat ngabuburit. Mulai dari kue Nagasari, Risoles, Kue Lumpur, Bolu Kukus, Pastel, Putu Ayu, Lupis, Klepon, dan lain-lain.

Sumber foto by sbflashfood.com

Nah, siapa yang tidak sabar menyantap makanan ini saat berbuka puasa?

Sumber: iPrice Trend

Tags

Desi kurniawati putri

Hi, perkenalkan, Aku bekerja di perusahaan swasta sebagai Assiten R&D Staff Devisi Laborat Kimia. Motivasi hidup aku saat ini : I do my best to be a good one. Insha Allah, Semoga artikel aku bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan bisa menjadi kenangan terindah dikemudian hari. Thank you. Follow my instagram : @desi.kurniawatiputri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close