ReviewSeputar Travelling

Tak Perlu Cemas, Berikut Tips Aman Bepergian dengan Transportasi Umum Saat Pandemi

Pandemi belum usai, sementara kita tak bisa menghindari aktivitas di luar rumah. Sebagian dari kita masih harus pergi bekerja, belanja, dan sudah mulai sekolah tatap muka. Meskipun dalam situasi yang masih dibatasi dan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, tak bisa dipungkiri bahwa kita tetap butuh kegiatan di luar rumah. Bahkan sekalipun Anda bisa bekerja dari rumah, Anda akan tetap membutuhkan liburan ke luar rumah baik jarak dekat maupun jauh. Tentunya perlu beberapa upaya agar kita bisa bepergian dengan aman dan nyaman tanpa membahayakan diri sendiri dan orang di sekitar kita, terutama jika menggunakan transportasi umum.

sumber foto : https://video.medcom.id/

Sebelum berpergian, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Mulai dari memastikan kesehatan diri sendiri sampai memilih moda transportasi yang bersih dan aman. Namun, kadang kita masih merasa cemas ketika sedang berpergian, apalagi jika berada di keramaian. Anda bisa memilih moda transportasi yang memberikan jaminan keamanan dan kebersihan. Jika menggunakan angkutan udara, Anda bisa memilih maskapai Garuda Indonesia yang memberikan jaminan protokol kesehatan. Selain itu, simak beberapa tips aman bepergian dengan transportasi umum saat pandemi berikut ini.

●     Pastikan Kesehatan Anda

Sebelum mulai bepergian, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kesehatan diri sendiri. Anda harus memiliki kesehatan yang baik dan dalam kondisi prima. Kondisi kesehatan yang baik bisa membuat imunitas Anda menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah sakit. Dalam situasi pandemi ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh. Diantaranya adalah dengan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan yang sehat, serta tidur yang cukup. Jika Anda merasa kurang sehat seperti demam, flu, atau sakit kepala, sebaiknya Anda menunda kegiatan di luar rumah. Sebab dalam kondisi yang kurang fit, Anda akan lebih rentan sakit, Selain itu, akan lebih baik jika Anda memastikan kesehatan Anda dengan melakukan swab test atau rapid test sebelum bepergian.

●     Pastikan Lokasi Tujuan Anda Menerapkan Protokol Kesehatan

Setelah memastikan kesehatan diri Anda, selanjutnya Anda perlu memastikan lokasi yang dituju sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Kemanapun tujuan Anda, ke mall, kafe, tempat wisata, atau penginapan sudah semestinya menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang diinstruksikan oleh pemerintah. Maka dari itu, Anda juga perlu selalu update dengan peraturan dan kebijakan yang diterapkan sebelum bepergian. Pastinya Anda ingin berpergian ke lokasi yang memberikan jaminan kebersihan dan keamanan.

●     Siapkan Masker dan Hand Sanitizer

Sebelum memilih transportasi umum, Anda perlu menyiapkan dua barang wajib yang satu ini. Anda harus selalu menggunakan dan membawa masker cadangan selama bepergian. Sebaiknya Anda menggunakan masker KN95 yang lebih aman. Anda juga bisa menggunakan masker medis yang dilapisi dengan masker kain. Selama berada di transportasi umum, pastikan Anda tidak melepas masker. Selain itu, Anda juga harus membawa hand sanitizer. Kurangi kontak fisik saat bepergian dengan transportasi umum, misalnya menyentuh kaca, pintu, atau pegangan lain. Namun, jika Anda terpaksa melakukan kontak fisik, segeralah membersihkan tangan Anda dengan hand sanitizer.

●     Pilih Transportasi yang Aman

Bagian terpenting yang harus Anda pertimbangkan adalah memilih moda transportasi yang aman dan menjamin penerapan protokol kesehatan. Beberapa protokol kesehatan yang diwajibkan adalah pembatasan kapasitas, menjaga jarak penumpang, pemeriksaaan kesehatan, dan penyediaan fasilitas kesehatan. Ada beberapa moda transportasi yang bisa Anda pilih, jika menggunakan angkutan udara Anda bisa memilih maskapai Garuda Indonesia. Maskapai terbaik di Indonesia ini telah menjamin protokol kesehatan, bahkan sudah memasang HEPA Filter di dalam pesawat yang bisa menyaring virus dan bakteri. Untuk tiba di bandara dengan aman, Anda bisa menggunakan angkutan kereta bandara yang tersedia di beberapa stasiun. Kereta bandara ini sudah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat baik, salah satunya adalah memasang sekat antar kursi. Anda bisa memesan tiket kereta bandara di Traveloka..

●     Pesan Tiket Secara Online

Tips selanjutnya adalah memesan tiket transportasi secara online. Saat ini, sudah tersedia aplikasi pemesanan tiket seperti Traveloka yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengatur perjalanan Anda. Dengan memesan tiket secara online, Anda bisa mengurangi kontak fisik dan antrian di loket tiket. Selain itu, Anda juga bisa mendapat perlindungan ekstra dan asuransi jika memesan tiket secara online. Anda bisa memilih jadwal keberangkatan dan memesan tiket pesawat Garuda Indonesia dan tiket kereta bandara di Traveloka. Anda juga bisa memesan makanan serta melakukan check-in pesawat secara online dengan lebih mudah dan praktis.

●     Selalu Menjaga Kebersihan

Selama dalam perjalanan dengan transportasi umum, tentunya ada kontak fisik yang tak bisa dihindari, baik sengaja atau tak sengaja menyentuh pakaian atau barang-barang Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu rutin menggunakan hand sanitizer. Kemudian, Anda juga bisa menyemprotkan disinfektan ke kursi, pintu, maupun pegangan yang ada di dalam transportasi umum. Setelah sampai tujuan atau ketika Anda pulang, Anda juga bisa segera mengganti pakaian dan membersihkan diri Anda. Pastikan pakaian yang Anda gunakan sudah Anda simpan di tempat yang terpisah dan siap untuk dicuci. Dengan begitu, Anda bisa melindungi diri dan orang-orang di sekitar Anda.

Nah, Itulah beberapa tips aman bepergian dengan transportasi umum saat pandemi. Anda perlu menerapkan protokol kesehatan dan memastikan kebersihan serta kesehatan diri Anda. Jika menggunakan angkutan udara, Anda bisa memilih Garuda Indonesia dan menggunakan kereta bandara. Anda bisa memesan tiketnya secara online melalui Traveloka dengan berbagai promo yang menarik.

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *