Uncategorized

Begini 7 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Sebagai konsumen, mahasiswa juga dituntut untuk menjadi seseorang yang idealis sekaligus realistis. Apalagi untuk membeli laptop. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, di mana cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa penting diketahui. 

Mengapa? Karena laptop tidak tergolong produk murah. Jenis, merek, dan spesifikasinya juga bermacam-macam. Seperti contoh, jenis laptop untuk mahasiswa manajemen yang dibutuhkan untuk mengetik, presentasi, dan browsing. Tentu berbeda bagi mahasiswa teknik. Sebaliknya, mahasiswa teknik pun kebutuhannya bermacam-macam. Ada yang perlu untuk editing video, desain grafis, dan seterusnya.

Jika Anda tidak membeli laptop yang tepat, maka benda ini tidak berfungsi optimal. Sayang sekali, bukan?

Pict by Pixabay

Perhatikan Tips dan Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Memilih laptop untuk mahasiswa sebenarnya tidak sulit. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan perkuliahan dan pekerjaan yang kelak akan dilakukan.

Laptop standar, minimal mempunyai aplikasi Microsoft office dan bisa browsing. Umumnya laptop digunakan oleh mahasiswa hanya untuk menyelesaikan administrasi perkantoran saja. Namun jika Anda mahasiswa Matematika, IPA alias sains atau tehnik, perlu laptop dengan aplikasi khusus yang harus didukung dengan spesifikasi tersendiiri.

Singkatnya, agar tidak salah, di bawah ini cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa.

 

  • Merencanakan Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Setelah tahu jenis laptop yang Anda butuhkan, langkah selanjutnya adalah menentukan terlebih dahulu spesifikasi laptop yang akan dibeli.  Caranya, Anda bisa mencari referensi di beberapa website yang membahas tentang laptop dan gadget. Atau bisa juga bertanya kepada teman dan kerabat yang lebih paham.

Namun, di artikel ini Anda juga bisa mendapatkan tips terkait spesifikasi laptop yang baik yang disarankan untuk mahasiswa, antara lain:

  • Layar standar sekitar 11 sampai 14 inchi
  • CPU Dual Core, biasanya pada laptop terlihat di sudut kanan atau kiri di bawah keyboard.
  • RAM 46 B, ini bagian yang menentukan kecepatan sistem saat dijalankan.
  • HDD 250 GB, penyimpanan internal laptop.
  • Wifi, konektivitas dengan internet.
  • Kamera depan, ini penting untuk pelajar dan guru melakukan Zoom atau Google Meet.

Untuk mahasiswa Matematika, Sains, dan teknik informatika, biasanya membutuhkan spesifikasi khusus, yaitu: Core i5 memori 8 GB untuk pemrograman dan software analisis; Core i7 dengan memori minimal 8 GB untuk mengoperasikan CAD. Jika perlu, agar mata lebih nyaman, Anda dapat memilih laptop dengan layar hingga 18 inchi.

  • Menyesuaikan Laptop dengan Bujet Yang Dimiliki

Langkah kedua cara memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa adalah menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Anda akan memilih laptop dengan spesifikasi sesuai kebutuhan, tetapi harganya lebih murah alias terjangkau.

Harga ditentukan oleh spesifikasi laptop. Setelah itu baru dilihat dari desain dan mereknya. 

Laptop dengan spesifikasi standar lebih murah dibandingkan untuk sains. Selain itu, kekuatan baterai juga akan mempengaruhi harga. Baterai yang kuat akan memudahkan Anda membawanya ke luar rumah dalam waktu beberapa lama.

 

  • Memilih Desain Leptop Kekinian

 

Mahasiswa milenial tentu menginginkan laptop yang designnya kekinian. Bentuk dan warna laptop bukan menjadi pilihan utama, tetapi penting. Desain menunjukkan style atau gaya seseorang.

Minimal, jika Anda membutuhkannya untuk dibawa ke beberapa tempat yang berbeda, body laptop harus slim dan tidak berat.

Desain laptop untuk mahasiswa seperti Asus Zenbook tentu cocok karena menghadirkan kesan luar biasa memukau sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

 

  • Memilih Laptop dengan Pre-instal Windows

 

Pre-instal Windows merupakan aplikasi Windows yang sudah ada atau disediakan distributor. Ini penting, karena jika tidak, Anda akan memerlukan unduh bajakan yang sangat berisiko terhadap sistem dalam laptop. Utamanya virus akan mudah masuk saat mengunduh Windows bajakan. Sementara untuk membeli yang asli harganya cukup mahal untuk pribadi.

Oleh karena itu, pastikan pre-install windows sudah tersedia, ya. Sehingga nanti saat laptop sudah dibeli,  Anda tinggal menginstal aplikasi lain yang dibutuhkan.

 

  • Memilih Laptop dengan Konektivitas Lengkap

 

Tips memilih laptop bagus untuk mahasiswa yang tidak kalah penting adalah laptop dengan konektivitas lengkap, seperti port HDMI, speaker, dan beberapa port lain. Ini untuk bersiap dengan segala kebutuhan, seperti menyambungkannya dengan printer, kabel USB atau speaker besar saat presentasi.

 

  • Memilih Laptop yang Multitasking

 

Mahasiswa mungkin ingin menggunakan laptop sambil melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Contoh sederhana, Anda dapat bekerja sambil membuka video musik, sekaligus mendengarkannya. Lainnya, mungkin Anda ingin membuka Adobe Photoshop, Adobe Premiere, dan Adobe After Effect secara bersamaan.

Untuk dapat melakukan hal di atas, Anda memerlukan laptop dengan kemampuan multitasking tinggi. Itu artinya, spesifikasi juga cukup tinggi. Anda dapat menjalankan semua aplikasi dan program dengan kecepatan cukup tanpa hambatan.

 

  • Membeli Laptop Bergaransi

 

Jika Anda membeli di toko atau marketplace, bisa dijamin semua barang elektronik yang ditawarkan bergaransi. Beberapa ada yang memberikan garansi distributor..

Hal ini penting untuk diketahui, karena laptop merupakan benda yang riskan terkena gesekan dan benturan. Kejadian atau kecelakaan tidak ada yang tahu kapan akan terjadi. Jadi, adanya garansi pada laptop sangat dibutuhkan.

Cara Memilih Laptop yang Bagus untuk Mahasiswa dengan Membelinya di Blibli

Meski di kampus-kampus masih ada rental atau penyewaan komputer, di mana Anda dapat meminjamnya per jam, tapi jika mempunyai laptop sendiri tentu lebih memudahkan.

Dimana membelinya? Di Blibli, tentunya! Marketplace satu ini mempunyai banyak rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa, seperti Laptop Asus

Tidak percaya? Coba saja klik link di atas! Anda akan melihat berbagai tipe, warna, dan harga banyak rekomendasi laptop Asus yang menggiurkan. Itu sebabnya, sebelum membeli laptop, Anda disarankan memahami kebutuhan, menyiapkan kisaran dana yang dimiliki, dan spesifikasi. Ketika melihat deretan laptop di Blibli, Anda tinggal memilih desain dan lebar layar sesuai kebutuhan dan dana. 

Satu lagi yang belum tentu Anda peroleh dari tempat lain, toko di Blibli memberi garansi terbaik. Beberapa di antaranya merupakan official store dari merek yang ada, jadi harganya juga dijamin terbaik.

Cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa di atas bisa dipraktikkan agar tidak ada penyesalan di akhir, karena ada kesalahan membeli laptop. Dan pastikan Anda membelinya di Blibli untuk hasil memuaskan. Selamat berbelanja!

 

Tags
Show More

Maya Nirmala Sari

Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *