Seputar Travelling

15 Pulau Terbesar Di Dunia! 5 Diantaranya Indonesia Punya

Hai gaesss… Sudah pada baca kah tulisan tentang Pulau Terkecil di Dunia ? Yakni Pulau Simping, Kalimantan. Nah, berbicara soal pulau terkecil, pastinya ada yang terbesar dong? Yaps, kali ini saya akan mengulas beberapa Pulau Terbesar di Dunia. Yaaaaang… Kamu harus tau, bahwa 5 pulau diantaranya adalah kepunyaan Indonesia! Yeah. Indonesia kita tercinta yang kaya akan sumber daya alam dan keindahannya. Mau tau apa aja deretannya? Yuk pantengin terussss!

1.Pulau Greenland

sumber foto : http://sahabatsuper.com/wp-content/uploads/2016/09/greenland-lake-720×440.jpg

Greenland merupakan salah satu nama pulau yang ada di dunia. Apabila kita mengamati globe, maka kita akan menemukan pulau yang berukuran sangat besar yang berada di dekat ujung Bumi. Nah, pulau yang paling besar itulah yang dinamakan Greenland. Selain disebut dengan Greenland, daratan atau pulau ini juga memiliki beberapa nama lain yakni Kalaallit Nunaat. Pulau Greenland memiliki luas wilayah hingga 2.175.600 km². Pulau Greenland ini masuk ke dalam wilayah Greenland yang merupakan divisi otonomi dari Kerajaan Denmark.

2.Pulau Papua

Nah, ini Indonesia punya. Kita semua pasti tau kalo Indonesia memang negara kepulauan yang mempunyai ribuan pulau. Dari ribuan pulau tersebut, ada lima pulau yang ukurannya sangat besar. Kelima pulau terbesar yang menyusun negara Indonesia antara lain adalah Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Dan salah satu pulau yang masuk ke dalam jajaran pulau terbesar di dunia adalah Papua. Pulau Papua merupakan pulau besar yang letaknya di penghujung timur wilayah Indonesia. Pulau Papua ini dibagi menjadi dua wilayah negara yang berbeda. Belahan pulau masuk ke dalam wilayah Indonesia, dan belahan lainnya merupakan bagian dari Papua Nugini.

Istilah atau nama Papua digunakan untuk merujuk papa pulau ini secara keseluruhan. Nugini berasal dari kata “New Guinea” yakni sebuah nama yang diberikan oleh bangsa Barat yang di-Indonesiakan. Orang- orang Barat tersebut berpendapat bahwa tanah Papua ini mirip Guinea, sehingga wilayah tersebut diberi nama yang sama. Keadaan wilayah di Pulau Papua ini mirip dengan Benua Australia, hal ini karena pengaruh berbagai hal, seperti jenis binatang dan juga flora khas yang dimilikinya.

Selain itu, Pulau ini juga merupakan tempat beradanya puncak gunung tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Jaya yang memiliki ketinggian hingga 5.030 meter. Pulau Papua memiliki luas sekitar 786.000 km². Pulau Papua ini meski berdekatan dengan Benua Australia, namun masih masuk ke dalam wilayah Benua Asia.

3.Pulau Kalimantan (Borneo)

sumbe foto : http://www.tomipurba.net/

Yeah, lagi-lagi Indonesia. Selain kaya akan sumber daya alamnya, Indonesia memang memiliki banyak pulau. Dimana Kalimantan adalah pulau kedua terbesar yang masuk kedalam jajaran pulau terbesar di dunia.
Fyi, Pulau Kalimantan merupakam salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dilalui oleh garis lintang nol derajat atau khatulistiwa.

Pulau Kalimantan mempunyai luas hingga 743.330 km². di pulau ini, kita akan menemukan tiga wilayah negara yang tergabung dalam satu pulau. Beberapa negara yang menaungi pulau Kalimantan adalah Indonesia (wilayah paling luas), Malaysia dan Brunei Drussalam. Maka dari itulah pulau ini secara keseluruhan disebut dengan Borneo, sehingga nama Kalimantan merupakan nama yang masuk wilayah Indonesia saja. Pada zaman dahulu, Borneo merupakan sebuah nama yang dipakai oleh kolonial Belanda atau Inggris. Sementara Kalimantan merupakan nama yang dipakai rakyat Indonesia.

Pulau ini juga terkenal dengan berbagai macam kekayaan alam yang dimilikinya. Beberapa jenis kekayaan alam yang dapat kita temukan di Pulau Kalimantan antara lain hasil hutan seperti kayu, rotan, satwa, dan lain sebagainya (karena Kalimantan mempunyai hutan hujan tropis yang sangat luas, barang tambang seperti minyak bumi, batu bara, intan, dan lain sebagainya), serta kekayaan laut yang dimiliki pesisir- pesisir pantai di Pulau Kalimantan.

4. Pulau Madagaskar

Pulau yang masuk ke dalam pulau terluas di dunia selanjutnya adalah pulau Madagaskar. Madagaskar menjadi tempat yang sangat terkenal sejak munculnya film kartun animasi binatang yang berjudul Madagaskar. Madagaskar merupakan sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 587.041 km². pulau Madagaskar hanya terdiri atas satu negara saja, yaitu negara Madagaskar.

5.Pulau Baffin

Pulau terluas di dunia yang selanjutnya adalah Pulau Baffin. Baffin merupakan nama sebuah pulau yang mempunyai luas 507.541 km². Pulau Baffin ini merupakan bagian dari wilayah negara Kanada. Keberadaan pulau ini termasuk ke dalam wilayah benua Amerika Utara. Pulau Baffin ini merupakan salah satu dari Kepulauan Arktik yang berada di wilayah Nunavut. Nama pulau ini diambil dari nama akhir penjelajah Britania, yakni William Baffin.

6.Pulau Sumatera

sumber foto : barry kusuma

Lagi- lagi adalah wilayah negara Indonesia. Wilayah Indonesia mempunyai beberapa pulau yang merupakan pulau terbesar di dunia. Setelah Papua dan Kalimantan, selanjutnya adalah pulau Sumatera. Pulau Sumatera yang berada di sebelah barat negara Indonesia merupakan pulau terbesar ke enam di dunia.

Pulau ini mempunyai luas wilayah sebesar 443.065 km². Pulau Sumatera juga dieja menjadi pulau Sumatra. Dahulu, di Sumatera ini pernah ada kerajaan Samudera yang sekarang dikenal dengan Aceh. Nama ini diberikan berdasar pasa sebuah cerita yang konon katanya pada waktu itu Cendekiawan Islam asal Maroko, Ibnu Batutah selalu melafalkan kata samudera ketika di kegiatannya berkunjung ke pulau ini. Semenjak saat itulah nama Sumatera dipakai untuk nama wilayah tersebut.

Selain nama Sumatera, pulau ini juga diberi nama Andalas atau Suwarnadwipa. Suwarnadwipa sendiri memiliki arti “Pulau Emas”. Pulau Sumatera merupakan bagian dari negara Indonesia. Karena merupakan bagian dari wilayah Indonesia, maka Pulau Sumatera ini berada di Benua Asia.

7. Pulau Honshu

sumber foto : http://www.worldatlas.com/

Pulau terbesar selanjutnya adalah Pulau Honshu. Pulau Honshu merupakan pulau yang paling besar yang berada di wilayah negara Jepang. Pulau Honshu merupakan pulau yang terkenal yang terletak di selatan Hokkaido, utara Shikoku di seberang Laut Dalam Negeri, dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimonoseki. Pulau Honshu ini mempunyai luas wilayah 227.414 km² dan merupakan bagian dari negara Jepang. Karena merupakan bagian negara Jepang, Pulau ini masuk ke dalam wilayah Benua Asia.

8.Pulau Britania Raya

Pulau terbesar di dunia selanjutnya adalah Pulau Britania Raya atau yang biasa disebut dengan Great Britain. Pulau ini merupakan bagian dari negara Inggris, Skotlandia dan Wales. Pulau Britania Raya merupakan pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat, sebelah barat laut. Pulau Britania Raya mempunyai luas sebesar 219.000 km² dan termasuk dalam wilayah Benua Eropa.

9. Pulau Victoria

Setelah Pulau Britania Raya, selanjutnya adalah Pulau Victoria yang mempunyai luas wilayah 217.291 km². Pulau Victoria berada di wilayah Benua Amerika Utara dan merupakan salah satu dari kepulauan Arktik Kanada di Nunavut dan Teritori Northwest, Kanada. Sepertiga bagian barat dari pulau ini merupakan bagian dari Inuvik, Teritori Northwestdan, sisanya adalah bagian dari Kitikmeot, Nunavut.

10.Pulau Ellesmere

sumber foto : https://upload.wikimedia.org/

Pulau kesepuluh yang merupakan pulau terbesar di dunia adalah Pulau Ellesmere. Pulau Ellesmere ini mempunyai luas wilayah 196.236 km². Seperti halnya Pulau Victoria, Pulau Ellesmere juga merupakan pulau yang berada di wilayah negara Kanada dan masuk ke wilayah Benua Amerika Utara. Pulau Ellesmere merupakan bagian dari daerah Qikiqtaaluk wilayah Kanada Nunavut. Pulau ini terletak di dalam kepulauan Arktik Kanada yang dianggap sebagai Kepulauan Ratu Elizabeth, dengan Cape Columbia menjadi titik paling utara di Kanada.

11.Pulau Sulawesi

sumber foto : google

Pulau selanjutnya yang merupakan pulau terbesar di dunia lagi- lagi terdapat di Indonesia. Setelah ada Papua, Kalimantan dan Sumatera, kini giliran Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi berada di sebelah pulau Kalimantan. Pulau Sulawesi mempunyai nama lain dalam bahasa Inggris, yakni Celebes. Pulau ini tepatnya berada di antara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku yang memiliki luas sekitar 174.600 km².

Pulau Sulawesi mempunyai bentuk unik seperti bunga mawar laba- laba atau mirip dengan huruf K besar yang membujur dari arah utara ke arah selatan, serta tiga semenanjung yang membujur ke timur laut, timur dan juga tenggara. Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau yang kaya akan hasil rempah- rempah. Dahulu, ketika bangsa penjajah masuk ke Indonesia untuk mencari rempah- rempah, mereka singgah di Pulau Sulawesi. Selain mempunyai banyak rempah- rempah, pulau Sulawesi juga menyimpan sejarah yang banyak, seperti peninggalan- peninggalan kerajaan, prasasti- prasasti dan lain sebagainya. Dengan demikian pulau Sulawesi menjadi pulau yang penting bagi Indonesia.

12.Pulau Selatan

sumber foto : https://pixabay.com/

Setelah pulau Sulawesi, selanjutnya ada Pulau Selatan. Pulau Selatan merupakan pulau yang terletak di wilayah Selandia Baru. Pulau Selatan merupakan salah satu dari dua pulau utama yang membentuk Kepulauan Selandia Baru, dan yang satunya lagi adalah Pulau Utara atau yang mempunyai nama Maori Te Wai Pounamu yang mempunyai arti Air batu hijau. Secara geografis, batas pulau ini sebelah utara adalah Selat Cook, sebelah barat dengan Laut Tasman, sebelah timur dan sebelah selatan dengan Samudera Pasifik. Luas Pulau Selatan ini adalah 151.215 km².

13. Pulau Jawa

sumber foto : google

Walahh… lagi lagi kepunyaan Indonesia. Yeah! Selanjutnya adalah pulau Jawa. Pulau Jawa merupakan salah satu dari gugusan 5 Pulau besar di Indonesia. Gugusan lima pulau besar ini disebut dengan Gugusan Kepulauan Sunda Kelapa. Gugusan pulau besar ini adalah Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. Apabila dibandingkan dengan pulau- pulau yang lain, maka Jawa merupakan pulau yang terkecil. Pulau Jawa merupakan pulau yang paling padat di Indonesia. Luas Pulau Jawa ini adalah sekitar 126.700 km² dengan penduduk kurang lebih 136 juta. Selain menjadi pulau yang paling padat di Indonesia, Pulau Jawa ternyata juga menjadi pulau yang paling padat di dunia. Warga Indonesia, sekitar 60% nya tinggal di Pulau Jawa ini.

14. Pulau Utara

sumber foto : https://pixabay.com/

Pulau selanjutnya yang menjadi pulau terbesar di dunia adalah Pulau Utara. Pulau Utara merupakan salah satu rangkaian kepulauan Selandia Baru. Kepulauan ini merupakan salah satu dari dua pulau utama, yang satunya adalah Pulau Selatan yang telah disebutkan di atas. Pulau Utara ini mempunyai luas wilayah sekitar 114.050 km². Pulau Utara ini merupakan pulau yang cukup dihuni oleh banyak penduduk.

15. Pulau Newfoundland

sumber foto : google

Selanjutnya adalah pulau Newfoundland. Pulau Newfoundland merupakan pulau yang mempunyai luas 111.390 km². Pulau Newfoundland ini berada di wilayah negara Kanada. Pulau yang terletak di Samudera Atlantik bagian timur ini merupakan salah satu pulau terbesar di Kanada yang memiliki luas wilayah perairan sebesar 7.797 km² dengan garis pantai sepanjang 9.656 km.

Nah, sekarang udah pada tau dooong deretan pulau-pulau terbesar di dunia ada apa aja. Semoga setelah baca tulisan ini, kita semua bisa semakin bangga yah sama Indonesia! Karna cuma di Indonesia apapun bisa kalian temukan.

Referensi dari : https://ilmugeografi.com/biogeografi/pulau-terbesar-di-dunia/
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *