Tarian Traditional

Tari Jepen Genjoh Mahakam Milik Masyarakat Kutai Kertanegara Ing Martadipura

Masyarakat Kutai Kertanegara Ing Martadipura memiliki satu tarian tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini yaitu Tari Jepen Genjoh Mahakam. Kesenian tradisional khas pesisir Sungai Mahakam ini berupa tari yang berakar dari nilai-nilai filsafat Melayu dan adat ketimuran.

Untuk melestarikan tari jepen sebagai kesenian asli Kutai Kertanegara, pemerintah setempat setiap tahun menggelar Festival Jepen yang melahirkan banyak tari kreasi jepen dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kutai.

Kegiatan tersebut patut dihargai sebagai usaha-usaha untuk tetap melestarikan kesenian jepen, sehingga kini tari kreasi jepen banyak dijumpai dalam berbagai acara budaya, seperti pernikahan adat, penyambutan tamu, atau acara khitanan.

Secara umum, dapat dikatakan bahwa tari jepen genjoh mahakam merupakan tari yang dinamis, atraktif, dan energik, tetapi tetap bersahaja dan merepresentasikan kebudayaan Melayu. Kebersahajaan tersebut juga tercermin dalam tata rias dan busana. Tata rias para wanita penari jepen genjoh mahakam umumnya dibuat minimalis, tanpa menghilangkan keanggunan dengan sentuhan busana bernuansa Melayu yang santun dan bersahaja.

Penari jepen genjoh mahakam juga dilengkapi tongkat berselendang yang membuat pementasan tari kreasi ini semakin mempesona.

Ref by IndonesiaKaya
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *