Home / Tarian Traditional / Tari Alang Babega Minangkabau, Khas Sumatera Barat

Tari Alang Babega Minangkabau, Khas Sumatera Barat

Tari alang ini merupakan tari yang sederhana dan juga merupakan tari tradisional Sumatera Barat dan tari Alang babega ini salah satu kekayaan budaya di daerah Sumatera Barat. Tari alang babega ini merupakan tarian yang telah lama ada dan telah berumur ribuan tahun silam dan didasarkan pada hal – hal yang sederhana.
Gerakan tari ini adalah tarian yang sederhana karena pada konsepnya hanya menggambarkan seperti gerakan burung atau meniru gerakan burung elang di udara yang kemudian menukik dan menyambar ayam. Tarian ini karena tercipta secara sederhana dan banyak meniru gerakan alam sekitar, yang dalam hal seperti ini banyak digunakan dalam berbagai jenis tari tradisional. Gerakan dengan meniru alam merupakan wujud apresiasi terhadap alam.
Foto by YouTube
Berdasarkan tampilanya tari alang ini banyak menggerakan pada bagian tangan sebagai tiruan meniru gerakan burung elang yang diwujudkan melalui gerakan lengan. Gerakan sayap elang dengan gerakan menukik seperti terbang. Pada awalnya gerakan tari ini seperti terbang melayang yang kemudian dengan gerakan dinamis dan menyambar anak ayam di tanah.
Penari tarian Alang ini berjumlah enam orang atau lebih dengan menyesuaikan koreografer. Sedangkan jenis penari ini bisa laki – laki dan perempuan.
Busana dan tatarias tari ini sangat terlihat meriah serta gerakan yang menarik serta dinamis dan berkedan lebih menarik. Bila dibanding dengan tari piring tari ini lebih kontemporer. Sebagai wujud untuk melestarikan budaya setempat masyarakat Minang juga mengajarkan tari ini kepada anak – anak sekolah atau di kampus. Tari ini juga eksis selain dipertunjukan didaerah setempat sebagai kebanggaan juga tampil didalam atau diluar negeri yang berdasarkan sumber untuk acara kebudayaan.
Referensi : http://tempolagu.blogspot.co.id

About febeshinta

Instagram : @febe_shinta

Check Also

Sejarah Tari Pendet

Tari Pendet pada awalnya adalah sebuah tari pemujaan¬†yang banyak di pentaskan di pura pura. Gerakan …