Alam & Taman

Taman Unik Bukit Jamur Rancabolang – Ciwidey

Jawa Barat yang merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia menyimpan banyak potensi wisata alam yang indah. Dan salah satu kawasan wisata yang terkenal di Jawa Barat adalah di Ciwidey, Bandung Selatan. Di kawasan ini terdapat banyak tempat wisata yang menarik, mulai dari Kawah Putih, Kawah Rengganis, Situ Patenggang hingga pemandian air panas yang banyak terdapat di Ciwidey.

Tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik dan indah. Pemandangan di kawasan Ciwidey ini juga sayang untuk dilewatkan. Ciwidey berada di dataran tinggi Bandung Selatan, oleh karena itu tempat ini memiliki iklim yang sejuk. Dan tak heran jika ditempat ini banyak ditumbuhi oleh perkebunan seperti teh, strawberry, hingga tanaman sayur. Tak hanya itu saja, ditempat ini juga tumbuh beberapa flora dan tanaman langka yang unik. Salah satunya, ditempat ini tumbuh tanaman cemara dengan bentuk yang sangat unik dan mirip dengan tanaman jamur. Nama tempat itu adalah BUKIT JAMUR RANCABOLANG CIWIDEY.

ridwan-nur-arifin

Sumber : ridwannurarifin

Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Sebenarnya tempat ini bukanlah merupakan sebuah bukit yang berada pada dataran tinggi. Tempat ini hanyalah sebuah taman yang banyak ditumbuhi oleh pohon cemara yang pendek dan bentuknya sangat unik, yaitu menyerupai sebuah jamur payung. Disebut sebagai Bukit Jamur, karena letak taman ini berada pada dataran tinggi Ciwidey dan bentuknya tidak datar atau berbentuk setengah bola. Maka dari itu, warga setempat dan traveler yang datang ke tempat ini menyebutnya sebagai Bukit Jamur Ciwidey.

Taman Unik dengan Pohon Cemara Berbentuk Jamur

Jika diperhatikan pohon cemara yang hadir ditempat ini sangat memiliki bentuk yang sangat unik. Karena bentuknya yang menarik, banyak yang menggunakan tempat ini sebagai spot foto yang anti mainstream, bahkan tak sedikit banyak yang menggunakannya sebagai tempat foto pre-wedding.

Selain hadirnya pepohonan cemara dengan bentuk ini. Cuaca ditempat ini juga sangat sejuk dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rindang. Selain itu ditempat ini juga hadir pabrik teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Dan pabrik teh ini telah hadir sejak zaman pemerintahan Belanda, tepatnya saat mereka menjajah tanah priangan. Ditempat ini pula hadir beberapa rumah peninggalan Belanda dengan gaya klasik, yang ditandai dengan adanya cerobong asap yang berguna sebagai penghangat ruangan karena letak dari rumah ini berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha yang berada di dataran tinggi Ciwidey. Jadi, selain bisa berfoto dan menikmati dari keunikan pohon cemara ini, kamu juga bisa menikmati wisata sejarah yang masih tersisa di tempat ini.

ridwan-nur-arifin1

Sumber : ridwannurarifin

Fasilitas Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Taman yang menyerupai bukit kecil ini berada di pinggir jalan desa, dan bukanlah merupakan sebuah tempat wisata, maka tak ada fasilitas umum yang bisa digunakan ditempat ini.

Tiket Masuk Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Karena tempat ini belum dikelola oleh pemerintah desa, serta pemilik PTPN VIII, maka tempat ini belum diberlakukan sistem retribusi tiket alias gratis. Jadi, untuk bisa tiba dan menikmati keunikan dari phon cemara yang berbentuk jamur payung ini kamu hanya perlu merogoh kocek untuk bensin kendaraan saja.

Lokasi/Alamat Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Secara administratif Bukit Jamur Rancabolang ini berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Provinsi Jawa Barat.

ridwan-nur-arifin2

Referensi : https://ridwanderful.com/2016/06/21/bukit-jamur-rancabolang-ciwidey-taman-unik-dengan-pohon-cemara-berbentuk-jamur/

Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *