Alam & Taman

Wisata Kesehatan Air Panas Pawan, Riau

Sumber Air pawan, dari namanya saja pasti sudah diketahui bahwa ini merupakan wisata air pemandian air panas. Wisata alam ini terletak di Desa Pawan, Rokan Hulu, Riau, atau sekitar 9 kilometer dari Pasirpengarayan.

Kawasan pemandian air panas ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pemandian air panas lainnya. Di sini terdapat dua sumber air panas, tetapi keduanya memiliki kadar panas yang berbeda. Pada sisi kiri suhu panasnya mencapai 600 derajat celcius dan di sisi kanan suhunya berkisar antara 480-550 derajat celcius. Sumber air panas ini dialirkan ke beberapa pancuran yang ada di tepi sungai kecil. Suhu air di sungai-sungai ini hanya mencapai 200-25 derajat celcius.

Foto by Air Panas Pawan

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, air ini bisa mengobati penyakit kulit. Hingga pada akhirnya lokasi ini dikenal sebagai wisata kesehatan. Ibaratnya “Sambil menyelam minum air”, sambil berekreasi bersama keluarga, wisatawan juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

Lokasi Sumber Air Pawan mudah dijangkau. Wisatawan bisa menggunakan mobil atau motor ke tempat ini. Selama perjalanan wisatawan akan disuguhkan dengan pesona alam yang ada di sepanjang jalan menuju lokasi wisata tersebut.

 

Tags
Show More

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *