Home / Blog / Alam & Taman / Taman Nasional Wasur, Papua

Taman Nasional Wasur, Papua

Taman Nasional Wasur merupakan bagian dari lahan basah terbesar yang ada di Papua dan suasananya masih sangat alami sekali . Lahan basah di taman nasional ini merupakan ekosistem yang paling produktif dalam menyediakan bahan pangan dan perlindungan bagi kehidupan berbagai jenis ikan, udang, dan kepiting yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Foto : ksmtour.com

Menurut para Peneliti Badan dari Suaka Alam Sedunia (WWF), mereka menemukan sekitar 390 jenis burung di Taman Nasional Wasur, Kabupaten Merauke, Papua. Di taman nasional tersebut, hidup juga sekitar 80 jenis mamalia yang 20 di antaranya endemik (Berdiam disatu tempat tertentu). Dengan memiliki sekitar 390 jenis burung, maka taman nasional itu merupakan wilayah paling kaya akan jenis burung di Tanah Papua bahkan di Indonesia.juga berkembang biak puluhan jenis burung bangau, bebek rawa dan burung pantai. Sementara di habitat kering (sabana) berkembang biak juga puluhan jenis burung maleo, nuri, kakatua dan cenderawasih.

Foto : berbagaitempatwisata.blogspot.com

Jadi, bagi para traveller yang ingin mencari berbagai macam fauna yang memang jarang ditemukan di negara-negara lain atau daerah tertentu, kalian bisa temukan banyak berbagai macam fauna di Taman Nasional Wasur Papua.

Foto : inmynotes.blogspot.com

Taman Nasional Wasur mempunyai keunikan dan peran yang sangat strategis. Keunikan kawasan ini adalah adanya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang cukup tinggi. Jika Anda tertarik mengunjungi Taman Nasional Wasur maka disarankan pada bulan Juli sampai November karena merupakan musim yang terbaik. Bagi kamu para traveller yang berasal dari Ibukota dan ingin mengexplore Merauke, perjalanan dapat dilakukan menggunakan layanan penerbangan komersil, yang melayani penerbangan ke Merauke setiap hari. Lamanya perjalanan selama 8 jam dan biasanya transit terlebih dahulu di Makasar. Untuk transportasi darat, bisa menyewa mobil dari bandara dengan kisaran harga Rp 600.000 hingga Rp 700.000. di Kota Merauke, juga banyak hotel dan homestay yang terjangkau dan bersih.

Dari Jayapura ke Merauke (Plane) dengan waktu 1,5 jam, kemudian dari Merauke ke lokasi menggunakan kendaraan roda empat dalam waktu satu sampai dua jam melalui jalan trans Irian (Jayapura-Merauke).

Foto : travel.kompas.com

Lokasi ini sangat cocok untuk para traveller mengamati berbagai atraksi satwa yang menarik, menakjubkan dan keindahan alam yang alami juga.

About RARA.diandra

Check Also

Bukit Holbung Tuktuk, Si Cantik Dari Sumatera Utara

Bukit Holbung. Taukah kamu Bukit Holbung ? Ituloh, Bukit Cantik bak Bukit Teletubies yang ada …