Alam & Taman

Tak Perlu Jauh-Jauh Ke Jepang! Bogor Pun Punya Taman Sakura Yang Lebih Unik

Sakura. Bunga cantik khas negeri matahari yang memiliki filosofi mendalam bagi masyarakatnya. Yaitu bunga yang bermakna kesejukan, kebahagiaan, dan juga ketenangan. Kesejukannya sendiri tergambar dari rimbunnya bunga yang mampu memberikan kelembutan hingga seakan membawa kebahagiaan yang tak bisa diberikan oleh bunga lain. Nah, teruntuk kamu yang mengagumi bunga cantik ini, sekarang kamu tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menemukannya. Karena Bogor pun sudah punya Taman Sakura sendiri.

Sumber Foto : Lapis Bogor Sangkuriang

Fyi guys, sebenernya pohon-pohon Sakura ini sudah tertanam sejak tahun 1953 di Kebun Raya Cibodas. Dan sampai saat ini, sudah ada sekitar 435 pohon bunga Sakura yang bisa kamu temukan hingga akhirnya disebut Taman Sakura. By the way, Taman Sakura sendiri berada pada ketinggian 1.425 meter di atas permukaan laut, yang memang cocok sekali menjadi habitat si cantik Sakura. Selain itu, iklim, kontur tanah dan perawatan yang ada disini pun juga mempengaruhi kesuburan si pohon-pohon Sakura ini.

Sumber Foto : ayopiknik.com

Yang membuat Taman Sakura ini unik daripada aslinya, yaitu karena biasanya bunga Sakura di Jepang hanya bersemi sekali setahun. Yakni pada bulan Januari hingga April. Namun, di Indonesia justru Sakura bisa bersemi selama 2 kali setahun. Waah, sungguh amazinggggg…… So, kalau kamu ingin berkunjung kesini, kamu harus menyesuaikan waktu yang tepat saat sakura bersemi ya. Yaitu pada bulan Januari – Februari, dan Juli – Agustus. Karena diluar masa tersebut, bunga Sakura akan kering dan layu.

Sumber Foto : nieagundam.blogspot.co.id

Waah, kayaknya pas nih kalau kamu berkunjung pada akhir pekan ini, karena sekarang sudah memasuki bulan Januari. Dan tentunya kamu pasti akan disuguhkan pada taman cantik yang dipenuhi bunga Sakura bersemi. Apalagi sekarang Taman Sakura sudah tertata indah. Kamu akan menemukan sungai kecil di dasar lembah. Sungai yang mengalirkan air jernih dan dingin dari pegunungan. Lengkap dengan batu alam dan air terjun di sisi sungai yang sangat menarik dan menambah kesan alami.

Sumber Foto : mandalawangicibodas.com

Selain sungai yang mengalir diantara Sakura yang bersemi, kamu juga dapat berjalan di jalur setapak sembari menyebrangi sungai melalui jembatan kecil-kecil yang unik sambil menikmati sakura yang bermekaran. Bahkan, warga Jepang dan Korea pun tak sedikit yang berdatangan untuk melihat bunga Sakura di Indonesia ini. Sakura yang dapat berkembang 2 kali dalam setahun.

Sumber Foto : www.gotravelly.com

Betewe, Taman Sakura yang unik ini berada dalam kawasan Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Dengan suhu udara antara 17 hingga 27 derajat celcius. Sehingga suasananya pun cukup sejuk. Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas lainnya. Seperti Wahana Wisata Cibodas, Wahana Permainan Anak, Shelter, Pendopo, Teater Alam Terbuka, Tempat Ibadah, MCK, hingga Camping Ground.

Sumber Foto : hargatiketwisata.com

Adapun harga tiket masuk yaitu cukup Rp.10.000 per orang. Dengan biaya parkir Rp.5.000/motor, atau Rp. 20.000/mobil. Sedangkan untuk menuju kesini, kamu bisa menuju Cibodas dari arah Jakarta, Bogor maupun Bandung. Kemudian mengambil rute Cipanas-Rarahan untuk sampai di Balai Taman Nasional Gede Pangrango. Nah, dari situ kamu hanya cukup berjalan kaki ke Taman Sakura. Atau jika ingin informasi yang lebih jelas, kamu bisa menghubungi 0263-512233. Selamat berkunjung ke Taman Sakura :)

Referensi : www.wisatabagus.net

Tags

kikyamaleader

Hai! Panggil saja aku Rizky Amalia. Seorang perempuan yang hobby traveling dan hiking, kemudian dengan hati berbunga-bunga selalu bersemangat menceritakan kembali dalam bentuk tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Anyway, selain aktif menulis di Backpacker Jakarta, aku juga bagian dari Teater Enjuku'18, selain itu pernah menjadi Ketua UKM Seni Budaya STEI '15, Wakil Ketua OSIS SMKN 14, dan bagian dari Paskibra SMKN 14 serta Racata Taekwondo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close