Kuliner

Tahu Tek-Tek, Penganan Tradisonal Khas Surabaya

Tidak habis rasanya kalau kita membicarakan tentang ragam kuliner di Jawa Timur. Di kota Surabaya misalnya ada Rujak Cingur, Lontong Balap, Soto Ambengan dan satu lagi yang mau di bahas di artikel kali ini adalah Tahu Tek-Tek. Dari namanya saja mungkin masih terdengar asing dan kita bertanya-tanya seperti apa rupa dari kuliner khas kota Surabaya yang satu ini.

Photo. Nengflora.blogspot.com
Photo. Nengflora.blogspot.com

Tahu Tek-Tek ini dijual keliling kampung menggunakan gerobak dorong dengan ciri khas penjualnya memukul-mukul wajan atau tempat penggorengannya sehingga mengeluarkan bunyi Tek-Tek. Inilah salah satu alasan kenapa dinamakan dengan Tahu Tek-Tek. Komposisi tahu Tek-Tek ini terdiri dari tahu goreng setengah matang dan Lontong yang di potong kecil-kecil dengan menggunakan gunting dan garpu.

Photo. Gregetin
Photo. Gregetin

Selain Lontong dan Tahu Goreng yang sudah dipotong tersebut, untuk selanjutnya ditambah dengan kentang goreng yang dipotong-potong dan sedikit taburan toge serta irisan timun. Selanjutnya campuran dari bahan-bahan tersebut disiram dengan bumbu di atasnya dan ditaburi kerupuk udang yang udah diremas kecil-kecil.

Siraman bumbu Tahu Tek-Tek ini terbuat dari Petis Udang berwarna hitam yang ditambah air secukupnya, kacang tanah,cabai sesuai selera dan bawang putih. Kemudian diuleg sampai halus dan kental lalu disiramkan ke campuran bahan utama. Di Surabaya sendiri sering kita jumpai penjual Tahu Tek-Tek ini keliling dari kampung ke kampung. Tapi jika ingin mencoba sensasi lain dari rasa makanan ini ada warung Tahu Tek-Tek yang sudah sangat terkenal rasanya.

Photo. Piesusubliman
Photo. Piesusubliman

Tahu Tek-Tek ini bernama “Tahu Tek Tek Pak Ali”, yang berlokasi di Jalan Dinoyo, Surabaya. Satu porsi Tahu Tek-Tek ini seharga Rp. 11.000,00 dengan minuman teh hangat. Untuk menunya sendiri Tahu Tek-Tek ini ada yang ditambah dengan pelengkap telur goreng dan ada yang tanpa telur.

Saat penulis masih kecil dulu, sering sekali makan Tahu Tek-Tek ini yang lewat di depan rumah. Rasanya bikin ketagihan apalagi bumbu petisnya yang pedas ditambah dengan potongan tahu dan kentang gorengnya. Mantap sekali rasanya.

 

Editor Dimas

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close