Soto Banjar Khas Kalimantan, Kenikmatan Tak Terkira Yang Tiada Duanya

Haiiiii gengs! Jumpa lagi di artikel Kikyamaleader si tukang makan dan tukang jalan. Ngomong-ngomong, Indonesia ternyata tidak hanya kaya dalam wisatanya aja pemirsa. Tetapi juga kaya akan kuliner dan rempah-rempahnya. Nah, salah satu kuliner tradisional yang membuatku ketagihan adalah Soto Banjar Khas Kalimantan !

Soto Banjar, Sumber Foto : resepumi.com

Jadi gengs, berawal dari pacarku si Yudi, yang memang ibunya orang Kalimantan asli, dan jago banget masak katanya. Jadi, aku berkesempatan untuk nyicipin makanan yang lezat itu. Yaps, dengan baiknya Yudi membawakanku soto di dalem plastik yang dipisah-pisah isinya. Begitu aku buka, hummm wanginya nikmat banget. Langsung aja aku tuang ke piring, dan beginilah penampakannya. Taraa…….

Soto Banjar buatan mamah yudi,
Di Seasoning Dengan Berbagai Isi

Oke gengs. Coba deh kamu perhatiin, apasih yang ada di benakmu saat melihat makanan ini? Sekilas mirip soto ya, tapi mirip juga dengan ketupat sayur. Ah tapi masa lontong sayur banyak campurannya sih? Nah, ini dia jawabannya. Komplit dan Variatif adalah keunikan dari Soto Banjar Khas Kalimantan. Karena, isinya memang campur-campur, dan diseasoning dengan kecap asin, daun bawang, bawang goreng, serta jeruk nipis dan sambal.

Sumber Foto : http://cinta-dapur.blogspot.co.id

Fyi gengs, isi dari Soto Banjar yang unik ini adalah berupa daging ayam kampung yang disuwir-suwir, perkedel kentang, potongan lontong atau ketupat yang rasanya gurih, hayoloh, aneh kan. Ketupat rasa gurih kayak apa coba? Enak banget! Dan kamu cuma bisa rasain ketupat gurih di Soto Banjar ini. Hehehe, oke. Selain itu, soto ini juga berisikan telur rebus yang dibelah-belah, soun, dan juga emping.

Sumber Foto : http://cinta-dapur.blogspot.co.id
Bahan Yang Terbuat Dari Rempah

Untuk kuahnya sendiri, memiliki warna yang bening dengan citarasa yang gurih dan nikmat. Karena dibuat dari hasil rebusan ayam hingga keluar kaldunya dan dicampur dengan kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, dan aneka rempah serta bumbu lainnya. Duh, kebayang nggak sih gimana lezatnya ? Maka dari itulah aku ketagihan sampe sekarang dan rasanya pengen lagi pengen lagi. Hihihi.

Sumber Foto : http://cinta-dapur.blogspot.co.id

Ohya, salah satu kelebihan Soto Banjar ini selain rasanya yang nikmat adalah karena soto ini sangat baik buat kesehatan tubuh. Sebab, bahan dan bumbu yang digunakan memang kaya akan protein. So, kalau kamu ngiler dan kepengen, nanti aku buatin resepnya di artikel berikutnya ya. Tapi kalo kamu males masak dan ingin yang praktis, kamu bisa kunjungi salah satu restoran Soto Banjar Khas Kalimantan di Jl. Cilandak 1 Ujung No.38, RT.9/RW.1, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Selamat mencicipi Soto Banjar gengs :)

Hits: 1246

fairytalekiky

Menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa.
Dan tulisan-tulisan inilah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Baca Artikel Lainnya