Home / Uncategorized / Situs Prasejarah Candi Ratu Baka

Situs Prasejarah Candi Ratu Baka

Situs Prasejarah Ratu Baka terasa asing ditelinga bagi beberapa orang, akan tetapi jika kita menyebut Candi Ratu Boko sudah tidak asing lagi kami kita semua. Kali ini kita akan membahas Candi Ratu Boko, yang merupakan salah satu situs  purbakala yang terdapat di kompleks situs purbakala Candi Prambanan, Yogyakarta.

foto : panduanwisata.id
foto : panduanwisata.id

Candi Ratu Boko terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha. Candi Ratu Boko menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs permukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas. Candi Ini diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dan apabila dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja).

sumber : 1hal.com
sumber : 1hal.com

Oleh karena itulah, sebagai sebuah bangunan bekas peninggalan sejarah, Candi Ratu Boko memang memiliki keunikan dibanding peninggalan sejarah lain. Jika bangunan lain umumnya berupa candi atau kuil, sedangkan untuk Candi Ratu Boko ini menunjukkan ciri-ciri sebagai tempat tinggal.

foto : vacadii.id
foto : vacadii.id

Itu ditunjukkan dari adanya bangunan berupa tiang dan atap yang terbuat dari bahan kayu, meski kini yang tertinggal hanya batur-batur dari batu saja. Nama “Ratu Baka” berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Baka (bahasa Jawa, arti harafiah: “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan.

foto : travel.grivy.com
foto : travel.grivy.com

Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat yaitu Loro Jonggrang Letak Candi Ratu Boko berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah. Secara administratif, situs ini berada di wilayah dua Dukuh, yakni Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta,Indonesia.

foto : hendrabahagia.wordpress
foto : hendrabahagia.wordpress

Situs ini dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan Situs Warisan Duniasejak tahun 1995. Jika kalian ingin ke Candi Ratu Boko dapat menggunakan tiket terusan dan membeli tiket terusan di Candi Prambanan harga tersebut juga sudah termasuk shuttle dari Candi Ratu Boko dari Candi Prambanan Jadi.

Tidak perlu menunggu lama dan berpikir panjang untuk berwisata ke Candi Ratu Boko…siapkan rangsel dan mari berangkat berwisata…

Editor : DimasGalih.Tourism

About yudhi nurdiyansyah

Check Also

Curug Ciastana, Curug Hits di Cianjur Selatan, Jawa Barat

Cianjur merupakan salah satu Surga bagi para penikmat Curug. Banyak sekali curug-curug keren dan beragam …