Museum & Sejarah

Situs Batuan Alam Museum Karst Wonogiri

Sebagai salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Wonogiri merupakan daerah penyumbang wisata yang tidak ada habisnya. Salah satunya jenis wisata yang satu ini, wisata yang tergolong anti mainstream jika dibandingkan dengan yang lain. Apalagi kalau bukan Museum Karst Dunia yang berlokasi di Wonogiri ini dikenal sebagai museum terunik dan terbesar di Asia Tenggara. Karst sendiri sering dikenal dengan istilah batu kapur.

foto: soloraya.com

foto: soloraya

Museum kebanggaan Wonogiri ini terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro. Dimana untuk menuju ke lokasi, bisa melewati kota wonogiri sekitar 40km atau 2km dari pusat kota pracimantoro, 55km dari kabupaten gunung kidul dan sekitar 50km dari kota pacitan. Museum karst di wonogiri bentuknya seperti kerucut piramida, terdiri atas 3 lantai yang diresmikan tanggal 30 juni 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di Museum ini bahkan dijadikan sebagai tempat pusat penelitian dunia.

foto: kaskus.co.id

foto: kaskus

Ada apa saja di Museum Karst Wonogiri?? Didalam Museum karst ini kita bisa belajar banyak hal. Jika kita masuk kedalam museum kita akan terheran-heran melihat keindahan batuan stalaktit dan stalakmit  yang masih hidup. Didalam museum kita juga akan disuguhi dengan berbagai gambar dan film dengan teknologi audio visual yang menggambarkan tentang karst di seluruh dunia. Di museum kita juga akan melihat ilustrasi serta replica tentang manusia purba dan cara hidupnya didalam goa. Uniknya lagi, museum karst ini dikelilingi oleh gua-gua alam seperti Gua tembus, gua merica, gua sodong, gua gilap, gua bunder, gua potro, dan gua sonyo ruri.

foto: antara.news

foto: antara

Harga tiket masuk ke museum hanya sebesar Rp 2.100,- pada hari Senin-Sabtu dan  Rp.3.100,- pada hari Minggu. Berbagai fasilitas seperti warung makan dan mushola juga sudah tersedia disini. Suasana pemandangan pohon jati yang menjadi cirri khas kota wonogiri tampak mengelilingi jalan menuju Museum yang berdiri kokoh sepanjang 75m ini.

Jika anda ke Wonogiri, mampirlah sebentar ke museum ini, Karena selain memberikan sarana rekreasi, kita juga akan memperoleh sarana edukasi bagi kalian yang ingin belajar geologi dan sejarah. Mari kita lestarikan sejarah dan budaya bangsa kita yang begitu kaya ini.

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *