City Tour & LandmarkSeputar Travelling

Tugu Belido Icon Baru Kota Palembang

Backpacker Jakarta saat City Tour Palembang 2017

Tugu Belido adalah salah satu landmark baru yang ada di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Tugu Belido ini nantinya akan diresmikan oleh pemerintah setempat bersama Presiden Joko Widodo dimana nantinya Tugu ini bersama Jembatan Ampera menjadi ikon kota Empek-empek Palembang. Patung Belido atau Belindo ini berbentuk ikan belida yang konon dulunya adalah ikan asli yang menjadi bahan pembuatan empek-empek dan harganya sangat mahal.

foto @herda_hrd

 

Ikan belida atau bagi masyrakat setempat disebut Ikan Beldo adalah jenis ikan tawar asli Sungai Musi di Palembang. Ikan yang berdaging tebal dan menjadi menjadi bahan pembuat pempek (sebelum diganti ikan tenggiri) kualitas nomor satu karena terasa lebih renyah, aroma ikan hanya sedikit, dan warna pempek juga lebih putih. Karena ikan ini sudah punah dan susah ditemukan maka sebagai bentuk pelesatarian dan mengingatkan bentuknya maka dibuatlah Patung ikan Balido.

foto @alexandersl97
foto : Regional Liputan6

Tugu Patung Belido dibuat oleh seniman asal Boyolali, Jawa Tengah, kemudian dirakit di kota Palembang. Patung Belido terbuat dari lempengan tembaga dan kerangkanya dibuat dari baja dengan mempunyai berat 3 ton, tinggi 12 meter dan lebarnya mencapai 22 meter. Patung ini dibuat menghadap ke Sungai Musi dengan air mancur yang keluar dari mulutnya mirip seperti patung Merlion yang berada di Singapura atau patung Bekatan yang ada di kalimantan Selatan.

Jika dilihat Malam Hari

So buat kamu yang mau ke Palembang jangan lewatkan mampir dan berfoto dengan icon kota musi ini tentunya selain berlatar belakang Jembatan Ampera juga tentunya sungai musi yang melegenda.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close