PantaiPulau

Selat Pantar Kecantikan Bawah Laut Di Selat Pantar Alor

Hai kamu-kamu para Traveller,

Tidak hanya naik gunung dan menikmati air terjun bukan? Indonesia itu amatlah luas, indah dan kadang masih tertinggal tempat wisata yang tidak pernah terpikirkan. Salah satunya adalah Selat Pantar yang akan saya ulas disini. Kalian pengen tahu seperti apa sih Selat Pantar itu? Dan berada dimana? Yuk simak sedikit artikel dibawah ini:

Ber-Diving Ria

Selat Pantar adalah selat yang memisahkan antara pulau Pantar dengan pulau Alor. Keduanya ini adalah pulau utama di Kabupaten Alor.

Selat Pantar sendiri terkenal dengan taman lautnya karena kita bisa menyelam sambil menikmati indahnya wisata bawah laut yang teramat indahnya. Wisata bawah laut  yang sulit dijabarkan hanya dengan kata-kata saja. Buat kamu-kamu yang suka Diving atau sekedar Snorkling bisa kesini tempatnya. Keindahan bawah laut yang menakjubkan akan memanjakan mata kita disana.

Menurut sumber yang saya temui, Selat Pantar ini amat unik dimusim tertentu, disana ternyata ada arus dingin yang melintas, sehingga membuat ikan-ikan akan berloncatan kedarat. Selat Pantar ini terkenal akan bawah lautnya underwater yang masih amat sangat terjaga loh. Dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Spot-spotnya pun menarik, para Diving bisa berinteraksi dengan ikan hiu yang amat bersahabat. Trumbu karang yang amat banyak salah satu spot terindah ada di Half Moonbay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Shark Close. Yang paling cantik adalah di spot Shark Close.

Taman Wisata Bawah laut photo by Google

Lokasi Menuju Taman Laut Pantar Alor

Untuk menuju kesana, kalian bisa naik kapal feri menuju Larantuka dengan waktu tempuhnya sekitar 12-13 jam, kemudian disambung dengan menggunakan kapal yang lebih kecil menuju pelabuhannya. Yaitu pelabuhan Kalabahi yang masih masuk dalam Kepulauan Alor.

Di Pelabuhan Kalabahi sendiri, kita bisa berlama-lama menyelam. Terutama bagi mereka yang mencintai keindahan bawah laut dengan penampakan ikan warna-warninya.

Selat Pantar Photo By Zaky.H

Bawah laut Yang Amat Indah

Selat Pantar Photo by Zaky.H

Setelah menyaksikan keindahnya, kita tidak akan bisa berkata-kata. Begitu mengagumkan, seperti sudah rapi tertata. Begitulah ciptaan-Nya yang amat dahsyat.

Selat sempit ini ternyata mempunyai sejumlah pulau-pulau kecil dan indah, seperti pulau Kepa, Pura, Ternate, Buaya dan Kepulauan Tereweng. Selat disinipun ombaknya kuat dan suaranya amat keras seperti air terjun.

photo By Google

Pada bulan tertentu seperti Oktober sampai November, arus laut disini bersahabat dengan para penyelam, diperairan sekitar Jahe Papa. Kamu bisa menyelam pada malam hari. Bagaimana ya rasanya? Pasti tenang banget menikmatinya. Dan para wisatawan dari berbagai negara biasanya menyukai menyelam di malam hari untuk menikmati indahnya surga di bawah laut ini. Kamu bisa merasakan sensasi seru melihat biota laut yang menawan lewat penyelaman malam hari. Wisata Taman Laut Selat Pantar ternyata memiliki berjuta pesona yang belum terjamah.

Waktunya untuk kita menjadi saksi kekayaan alam bawah laut kepunyaan Indonesia. Itulah kemilau dan indahnya Laut Selat Pantar di Kepulauan Alor. Begitu mempesona terhampar didepan mata. Dengan fenomena alam yang sangat unik, yaitu munculnya arus dingin bawah laut yang membuat ikan-ikan berlompatan ke darat. Fenomena ini biasanya terjadi pada bulan Februari dan Oktober.

Demikian ulasan tentang Selat Pantar Kepulauan Alor. Pilihan menyelam? Ya Selat Pantar.

Yuk menyelam….

Referensi: @hidayatzaqi

Penulis : Widi @ari_widiyastuti

Tags

Ariwidi

Sedikit bicara, banyak menulis.. Mencintai sastra, Suka membaca novel dan membuat puisi Menulislah dengan imajinasimu yang paling tinggi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close